PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KOMUNITAS COVID SURVIVOR INDONESIA DALAM MEMBANGUN AWARENESS TERKAIT COVID

PRASETYA, YUNARYA NURFIRDAUS (2022) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM KOMUNITAS COVID SURVIVOR INDONESIA DALAM MEMBANGUN AWARENESS TERKAIT COVID. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Menteng.

[img] Text (Cover)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-01 Cover - Arya Prasetya (Prasetya).pdf

Download (581kB)
[img] Text (Abstrak)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-02 Abstrak - Arya Prasetya (Prasetya).pdf

Download (213kB)
[img] Text (Bab 1)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-03 BAB 1 - Arya Prasetya (Prasetya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (Bab 2)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-04 BAB 2 - Arya Prasetya (Prasetya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (Bab 3)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-05 BAB 3 - Arya Prasetya (Prasetya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (Bab 4)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-06 BAB 4 - Arya Prasetya (Prasetya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (Bab 5)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-07 BAB 5 - Arya Prasetya (Prasetya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-09 Daftar Pustaka - Arya Prasetya (Prasetya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (Lampiran)
44220110067-Yunarya Nurfirdaus Prasetya-10 Lampiran - Arya Prasetya (Prasetya).pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)

Abstract

Memasuki era digital, dengan penggunaan internet yang memenuhi segala kebutuhan dalam menjalani kehidupan. Dimasa pandemi saat ini, menggunakan internet terlebih seperi media sosial akan sangat membantu, seperti Covid Survivor Indonesia yang menggunakan media sosial. Dengan media sosial memiliki kegunaan lebih dari berkomunikasi, dapat juga untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Tentunya dengan adanya media sosial ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait covid. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui Pengelolaan Media Sosial Instagram Komunitas Covid Survivor Indonesia Dalam Membangun Awereness Terkait Covid. Pada penelitian ini menggunakan konsep Pengelolaan Media Sosial menurut Miranda, dengan pengelolaan media sosial sebagai penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Untuk penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif, paradigma penelitian yaitu post positivis. Selanjutnya menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan subyek penelitian satu key informan dan dua informan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara yang mandalam, teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Serta menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Covid Survivor Indonesia sudah melakukan pengelolaan media sosial di Instagram dalam mengedukasi masyarakat tentang covid. Pengelolaan yang sudah dilakukan Covid Survivor Indonesia mulai dari perencaanaan terkait pemilihan media sosial instagram sebagai media penyebaran informasi, dan dibantu oleh rekan-rekan relawan dalam pengelolaan media sosial. Covid Survivor Indonesia juga membuat jadwal untuk mengunggah konten sesuai dengan jadwal, walaupun terkadang keluar dari jadwal yang ditentukan karena covid ini masih menjadi hal yang baru. Selain itu komunikasi yang dilakukan bersifat entertain pada followers, serta untuk evaluasi akun media sosial sendiri dengan melihat angka enggagement,like dan views sebagai acuan dalam kinerja. Keyword : Covid Survivor Indonesia, Pengelolaan Media Sosial, Instagram. Entering the digital era, with the use of the internet that meets all needs in living life. During the current pandemic, using the internet, especially social media, will be very helpful, such as Covid Survivor Indonesia, who uses social media. With social media has more uses than communicating, it can also add insight and knowledge. Of course, the existence ofsocial media can make it easier for the public to get information related to covid. The purpose of the study was to determine the Management of Social Media Instagram for Covid Survivor Indonesia in Building Awereness related to Covid. This study uses the concept theory of Social Media Management according to Miranda, with social media management as the dissemination of information to the wider community. For this research, the researcher uses qualitative methods, the research paradigm is post positivist. Furthermore, using descriptive research methods, with research subjects one key informant and two informants. Data collection techniques with in-depth interviews, data analysis techniques, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing.As well as using data validity checking techniques, namely source triangulation. The results of this study show that Covid Survivor Indonesia has managed social media on Instagram in educating the public about covid. The management that has been carried out by Covid Survivor Indonesia starts from planning regarding the selection of Instagram social media as a medium for disseminating information, and is assisted by fellow volunteers in managing social media. Covid Survivor Indonesia also makes a schedule to upload content according to the schedule, although sometimes it goes out of the specified schedule because this covid is still a new thing. In addition, the communication carried out is entertaining for followers, as well as for evaluating social media accounts themselves by looking at the number of engagement, likes and views as a reference in performance. Keyword : Covid Survivor Indonesia, Social Media Management, Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44220110067
Uncontrolled Keywords: Covid Survivor Indonesia, Pengelolaan Media Sosial, Instagram.Covid Survivor Indonesia, Social Media Management, Instagram.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: RIA SYAFITRI
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:44
Last Modified: 30 Sep 2022 02:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69705

Actions (login required)

View Item View Item