PESAN ROMANTISME DALAM LIRIK LAGU “THINKING OUT LOUD “ KARYA PENYANYI ED SHEERAN (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)

JUWITA, NANDA PUTRI (2022) PESAN ROMANTISME DALAM LIRIK LAGU “THINKING OUT LOUD “ KARYA PENYANYI ED SHEERAN (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK .pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi dari lirik lagu Ed Sheeran yang berjudul Thinking Out Loud yang lirik tersebut memiliki makna cinta yang amat mendalam . Dimana dalam sebuah lirik lagu pasti memiliki sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh penciptanya dan penyanyinya yang kemudian memiliki kesesuaian makna antara lirik lagu dengan dengan realitasnya . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik dari Ferdinand de Saussure dimana subyek yang digunakan adalah sebuah lirik lagu yang dianalisis setiap baris dalam bait-baitnya yang menceritakan tentang Seseorang yang ingin menemukan cintanya dimana hubungan mereka sempat mengalami kesenggangan . Dalam analisis ini tahapan yang dilakukan adalah (1) menentukan tanda (Sign)dari lirik lagu yang mewakili sebagai objek penelitian(2) menuliskan penandan ( signifier)atau bentuk fisik yaitu lirik lagu “Thinking Out Loud” Ed Sheeran (3) menuliskan pertanda (signified )yaitu konsep dari penandanya (4) Tahap yang selanjutnya adalah dengan melihat antara tanda, bentuk tanda dan konsep tanda dengan realis sosial dalam bentuk refrent atau external reality. Jadi kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan tentang respresentasi dari isi lirik lagu Thinking Out Loud yang dihubungkan dengan cinta yang amat mendalam kepada pasangannya hingga tutup usia. Dan penggambaran yang memiliki makna yang menceritakan kesedihan seseorang tentang arti menyianyiakan kesempatan yang dulu ada dalam hubungan kisah asmara mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 22 068
NIM/NIDN Creators: 44113010145
Uncontrolled Keywords: PESAN ROMANTISME DALAM LIRIK LAGU “THINKING OUT LOUD “ KARYA PENYANYI ED SHEERAN (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE)
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 782 Vocal Music/Musik Vokal
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 782 Vocal Music/Musik Vokal > 782.2 Nondramatic Vocal Forms/Vokal Nondramatik
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:54
Last Modified: 29 Sep 2022 02:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69674

Actions (login required)

View Item View Item