STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk. DALAM MENGKOMUNIKASIKAN CAMPAIGN “BECAUSE YOU MATTER” (Melalui Media Sosial Instagram @garuda.indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19)

ISMAIL, TAUFIK (2022) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk. DALAM MENGKOMUNIKASIKAN CAMPAIGN “BECAUSE YOU MATTER” (Melalui Media Sosial Instagram @garuda.indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover - Taufik Ismail - 44217120033.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak - Taufik Ismail - 44217120033.pdf

Download (121kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I - Taufik Ismail - 44217120033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II - Taufik Ismail - 44217120033 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III - Taufik Ismail - 44217120033 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV - Taufik Ismail - 44217120033 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V - Taufik Ismail - 44217120033 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka - Taufik Ismail - 44217120033 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran - Taufik Ismail - 44217120033 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pandemi Covid-19 yang telah mengantarkan industri penerbangan pada titik terendah sepanjang sejarah. Kondisi ini memaksa perusahaan untuk melakukan pemetaan ulang strategi dan program kerja untuk mempertahankan kelangsungan usaha dan menghadapi tantangan saat ini. PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk menyadari bahwa sangat penting untuk memahami kebiasaan pelanggan untuk memberikan rasa aman dan nyaman, hal ini merupakan transisi yang harusnya mudah tetapi karena adanya pandemi Covid-19 menjadi permasalahan perusahaan. Konsep yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan teori langkah prosedural strategi Public Relations oleh Cutlip, Center and Broom pada bukunya yang berjudul Effective Public Relations, yang diawali oleh Identifikasi Masalah Perencanaan Program, Pelaksanaan Program hingga langkah Evaluasi. Penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivisme yang memandang ilmu sosial sebagai analisis sistematis dengan pengamatan secara rinci terhadap sosial dalam keseharian yang alamiah. Peneliti ingin mengamati dan memahami bagaimana strategi yang dilakukan divisi Public Relations PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. dalam mengkomunikasikan campaign. Pendekatan yang dilakukan penulis adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Narasumber utama yang peneliti wawancara adalah divisi Public Relations PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Hasil dari penelitian menunjukan pihak Public Relations PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggunakan Strategy of Publicity yang merupakan kampanye untuk penyebaran pesan melalui proses publikasi suatu berita dengan melakukan kerjasama dengan berbagai media massa yang melakukan taktik-taktik tertentu dalam melakukan pemberitaan seperti melakukan rekayasa terhadap suatu berita agar dapat lebih menarik perhatian publik, sehingga dapat menciptakan citra yang baik pada pelanggan dan masyarakat. Kata Kunci : Strategi Public Relations, Sosial Media, Kampanye #BecauseYouMatter

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 069
NIM/NIDN Creators: 44217120033
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relations, Sosial Media, Kampanye #BecauseYouMatter
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:29
Last Modified: 28 Sep 2022 06:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69661

Actions (login required)

View Item View Item