PUTRI, AYUFIQRI SEPTIANINGRUM SUHARSONO (2022) STUDI PREFERENSI PEJALAN KAKI TERHADAP HASIL REVITALISASI TROTOAR DI KAWASAN MH. THAMRIN – JAKARTA PUSAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (54kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
Abstract
Kawasan Jakarta Pusat khususnya pada jalan MH Thamrin merupakan jalan utama, sentra bisnis dan pusat perkantoran, sehingga di sepanjang Jalan MH Thamrin memiliki volume pejalan kaki yang sangat tinggi baik pekerja, pembisnis maupun untuk berolahraga. Pada kawasan ini sebelum dilakukan revitalisasi lebarnya tidak lebih dari 2 meter yang mengakibatkan tidak leluasanya para pejalan kaki saat melewati trotoar tersebut dan kondisi trotoar yang kurang baik bertekstur, retak dan beberapa titik rusak. Perlu dilakukan evaluasi revitalisasi trotoar denga acuan standar Peraturan Menteri PU No. 03/PRT/M/2014 dan No. 2/SE/M/2018 terhadap trotoar dan fasilitas trotoar serta ekpetasi pengguna trotoar. Penelitian ini dilakukan pada trotoar MH Thamrin Jakarta Pusat pada ruas Plaza Indonesia hingga Lippo Thamrin sepanjang +350 m dan ruas Wisma Nusantara hingga Kedutaan Besar Prancis sepanjang +350 m. Metode yang digunakan dengan pendekatan teknis meliputi evaluasi tingkat kepuasan pejalan kaki melalui survei kuesioner, survei iventarisasi fasilitas pejalan kaki, survei kinerja trotoar, survei karakteristik, volume pejalan kaki dan fasilitas trotoar pascar revitalisasi. Analisa data menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) yang akan diolah menggunakan aplikasi SPSS dan Pengolahan data inventaris fasilitas pejalan kaki menggunakan LOS (Level Of Service) yang mengacu pada standar peraturan Menteri PU. Hasil dari pengujian ini arus pejalan kaki pada ruas Plaza Indonesia hingga Lippo Thamrin hari kerja sebanyak 3524 dan 3360 orang dan volume tertinggi pada pagi malam hari sebanyak 266 orang serta pada hari libur didapatkan sebanyak 4833 dan 4557 orang tertinggi pada sore hari sebanyak 361 orang. Arus pejalan kaki pada ruas Wisma Nusantara hingga Kedutaan Besar Prancis pada hari kerja sebanyak 3187 dan 3355 orang dan volume tertinggi pada pagi hari sebanyak 346 orang serta pada hari libur sebanyak 4425 dan 4305 orang volume tertinggi pada sore hari sebanyak 301 orang. Hasil presetase tertinggi karakteristik pengguna trotoar didapatkan 47% pegawai swasta, 61% perempuan, 49% memiliki pendidikan S1, 35% frekuensi melewati 1 bulan sekali dan 41% tujuan melewati trotoar untuk berjalan santai. Tingkat kepuasan trotoar memiliki nilai cukup baik yaitu 3,90 dengan skala tanggap 4 yaitu sangat penting dan nilai GAP -10,0 yaitu jarak nilai dari kinerja terhadap kinerja trotoar tidaklah jauh. Kinerja trotoar pada Kuadran I (Prioritas utama) memiliki 1 Prioritas, Kuadran II (Pertahankan Prestasi) memiliki 10 prioritas, Kuadran III (Prioritas Rendah) memilik 7 prioritas dan kuadran IV (Berlebihan) 1 prioritas. Nilai LOS berdasarkan Permen PU No. 03/PRT/M/2014 yaitu A dimana memiliki tingkat pelayanan yang tinggi dengan nilai diatas 5,6 m/orang. Kata Kunci : Trotoar, Pejalan Kaki, Revitalisasi, Volume, Karakteristik, Kuadran
Actions (login required)
View Item |