AMILIA, NAVA (2022) STRATEGI PROMOSI SKINISTA MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PERIODE MEI- JUNI 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
Abstract
Skinista is brand in the beauty sector that was founded in 2019 in Jakarta. Skinista products such as Skinista Frozen Collagen, Hair Mask Flavere, Underarm Cupcake, Skinista Whitening Luxury Gold Serum and Skinista Frozen Daytox. All of these Skinista products are produced from Thailand and marketed by PT. Sinwen Berkat Utama and have obtained permission from the Food and Drug Supervisory Agency and have obtained Halal certification. Skinista more often uses Instagram for promotional needs because the use of Instagram is one of the right and effective media in doing marketing, while for conducting transactions Skinista uses e-commerce such as Shopee, Tiktok Shop, and Go Shop. However, sales are more often made through Shopee. The problem that occurs in Skinista is a decrease in sales compared to the previous month. Skinista experienced a decline for two months, namely May and June 2022, the activities carried out by the Instagram in that month only focused on product introductions. Therefore, the purpose of this study is to find out Skinista's promotional strategy through Instagram in increasing sales for the period May to June 2022. The author uses the theory of marketing communication strategies, choosing communication channels, the importance of using Instagram and promotional strategies through Instagram in increasing sales. This type of research uses descriptive research type with a qualitative approach and the research method is descriptive qualitative. Data collection techniques used in-depth interviews, observation and documentation. The marketing communication strategy carried out by Skinista consists of 4Ps, namely Product, Price, Promotion and Place. The results of this study can be seen that the activities carried out by Skinista through Instagram, namely providing information about products, product benefits, providing testimonials from consumers, and sales promotions are quite effective in increasing sales, namely promotions carried out by Skinista such as advertisements, sales promotions, public relationsand direct marketing features Instagram such as feeds, stories, captions, and hashtags . Keywords: Marketing Communication Strategy, Promotion Strategy, Sales Increase Skinista merupakan brand lokal di bidang kecantikan yang berdiri sejak tahun 2019 di Jakarta. Produk-produk Skinista seperti Skinista Frozen Collagen, Hair Mask Flavere, Underarm Cupcake, Skinista Whitening Luxury Gold Serum dan Skinista Frozen Daytox. Semua produk Skinista ini di produksi dari negara Thailand dan dipasarkan oleh PT.Sinwen Berkat Utama serta sudah mendapatkan izin dari lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan dan sudah mendapatkan sertifikasi Halal. Skinista lebih sering memanfaatkan sosial media Instagram untuk kebutuhan promosi karena penggunaan instagram ini merupakan salah satu media yang tepat dan efektif dalam melakukan pemasaran, sedangkan untuk melakukan transaksi Skinista memanfaatkan e-commerce seperti Shopee, Tiktok Shop, dan Go Shop. Namun, penjualan yang lebih sering dilakukan melalui Shopee. Adapun permasalahan yang terjadi pada Skinista yaitu menurunnya penjualan di bandingkan dari bulan sebelumnya. Skinista mengalami penurunan selama dua bulan yaitu Mei dan Juni 2022, aktivitas yang dilakukan oleh akun instagram Skinista pada bulan tersebut hanya fokus pada pengenalan produk saja. Maka dari itu tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui strategi promosi Skinista melalui sosial media instagram dalam meningkatkan penjualan periode Mei hingga Juni 2022. Penulis menggunakan teori strategi komunikasi pemasaran, memilih saluran komunikasi, pentingnya penggunaan instagram dan strategi promosi melalui Instagram dalam meningkatkan penjualan. Tipe penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Skinista ini terdiri dari 4P yaitu Product, Price, Promotion dan Place. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa aktivitas yang di jalankan oleh Skinista melalui instagram, yaitu memberikan informasi mengenai produk, manfaat produk, memberikan testimoni dari konsumen, dan promosi penjualan berjalan cukup efektif dalam meningkatkan penjualan, yaitu promosi yang dilakukan oleh Skinista seperti iklan, sales promotion, public relations dan direct marketing serta juga memanfaatkan fitur-fitur instagram seperti feed, story, caption, dan hastag . Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Strategi Promosi, Peningkatan Penjualan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PKP. 22 026 |
NIM/NIDN Creators: | 44318010014 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Pemasaran, Strategi Promosi, Peningkatan Penjualan |
Subjects: | 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 21 Sep 2022 02:43 |
Last Modified: | 21 Sep 2022 02:43 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69349 |
Actions (login required)
View Item |