POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PARA PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG BANG KOMUNITAS JUJUTSU KAIZEN PERIODE 2021-2022

DESWARI, KARINA (2022) POLA KOMUNIKASI KELOMPOK PARA PEMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS BANG BANG KOMUNITAS JUJUTSU KAIZEN PERIODE 2021-2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)

Abstract

Game online adalah bentuk perkembangan teknologi, seperti Mobile Legend Bang Bang. Pada game ini, penggunanya dapat mengajak temannya atau bergabung dengan kelompok yang suka bermain game. Aplikasi game ini juga menyediakan fitur chatting agar penggunanya dapat berkomunikasi dengan anggota lainnya. Hal ini menjadikan fenomena di mana suatu kelompok dapat dianalisis dari segi pola komunikasi yang diterapkan oleh mereka. Maka fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi kelompok yang terjadi pada komunitas Jujutsu Kaizen periode 2021-2022 dalam bermain Mobile Legends Bang Bang. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan mengaplikasikan metode penelitian deskriptif-kualitatif yang mengumpulkan datanya melalui wawancara dan dokumentasi terhadap lima anggota komunitas Jujutsu Kaizen, yang mana disesuaikan dengan kriteria responden untuk penelitian. Peneliti juga menggunakan jurnal atau buku untuk mendukung hasil penelitian, serta mengimplementasikan uji keabsahan data sebagai pengecekan kredibilitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang dilakukan oleh Komunitas Jujutsu Kaizen adalah pola komunikasi sekunder sebab menggunakan media, seperti ponsel. Di samping itu, jaringan komunikasinya adalah pola lingkaran sebab tidak ada pemimpin yang jelas dalam kelompok. Sementara berdasarkan teori CMC, komunitas online lebih dianjurkan daripada tatap muka karena untuk menghindari penyebaran virus di era pandemi. Kata Kunci: Pola Komunikasi Kelompok, Komunikasi Kelompok, Teori CMC

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 056
NIM/NIDN Creators: 44217110125
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Kelompok, Komunikasi Kelompok, Teori CMC
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:13
Last Modified: 22 Sep 2022 07:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69320

Actions (login required)

View Item View Item