PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGGEMAR BOY GROUP EXO (EXO-L) DI INDONESIA TAHUN 2022

ROSALIA, ULYA MEGA (2022) PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS PENGGEMAR BOY GROUP EXO (EXO-L) DI INDONESIA TAHUN 2022. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (COVER)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 01 Cover - ulya mega rosalia.pdf

Download (395kB)
[img] Text (ABSTRAK)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 02 Abstrak - ulya mega rosalia.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 1)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 03 BAB 1 - ulya mega rosalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (BAB 2)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 04 BAB 2 - ulya mega rosalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB 3)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 05 BAB 3 - ulya mega rosalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB 4)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 06 BAB 4 - ulya mega rosalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text (BAB 5)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 07 BAB 5 - ulya mega rosalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 09 Daftar Pustaka - ulya mega rosalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 10 Lampiran - ulya mega rosalia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
44319120059 - Ulya Mega Rosalia - 11 - Pernyataan Keaslian dan Persetujuan Unggah dan Publikasi Tugas Akhir_revisi2 - ulya mega rosalia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Experential Marketing Terhadap Loyalitas Penggemar Boy Group EXO di Indonesia Tahun 2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkebangan K-Pop yang telah menciptakan pengalaman kepada penggemarnya dengan menggunkana kerangka kerja dari experiential marketing suatu konsep pemasaran yang bertujuan untuk membentuk pelanggan-pelanggan yang loyal dengan menyentuh emosi mereka dan memberikan suatu feeling yang positif terhadap produk dan service. Pada penelitian ini menggunakan konsep experiential marketing dari Schmitt yang terdiri dari 5 dimensi yaitu , sense, feel, tjink, act dan relate. Dan konsep loyalitas pelanggan/penggemar didalam teori Griffin yang terdiri dari 4 dimensi yaitu, Repeat buyer, Purchasses across sproduct and service lines, Referes other, Demonstrates immunity to the full of competitions. Jenis penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif . Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 190. Responden dari penelitian ini adalah penggemar dari boy group EXO atau EXO-L Berdasarkan hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh anatar experiential marketing dengan loyalitas penggemar, dengan tingkat hubungan nilai koefisien determinaannya sebesar 23.2% This thesis discusses the Effect of Experiential Marketing on the Loyalty of Boy Group EXO Fans in Indonesia in 2022. This research is motivated by the development of K-Pop which has created an experience for its fans by using the framework of experiential marketing a marketing concept that aims to form customers who are loyal by touching their emotions and giving a positive feeling towards products and services. In this study using the experiential marketing concept from Schmitt which consists of 5 dimensions, namely, sense, feel, think, act and relate. And the concept of customer/fan loyalty in Griffin's theory consists of 4 dimensions, namely, Repeat buyers, Purchases across products and service lines, Refers other, Demonstrates immunity to the full of competitions. The type of research used is an explanatory research type with a quantitative approach. The research method used is the survey method. Researchers collected data primarily by distributing questionnaires to 190 respondents. Respondents from this study were fans of the boy group EXO or EXO-L. Based on the results of this study concluded that there is an influence between experiential marketing and fan loyalty, with a correlation coefficient of 23.2%.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44319120059
Uncontrolled Keywords: experiential marketing, fan loyalty, Boy Band, K-pop, EXO,
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:06
Last Modified: 19 Sep 2022 04:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69275

Actions (login required)

View Item View Item