MALSI, EVANDRO (2022) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ULASAN APLIKASI FLIP.ID MENGGUNAKAN KLASIFIKASI NAÏVE BAYES. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text (BAB VI)
08 Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
Abstract
Bank-bank terbesar di Indonesia telah menetapkan biaya administrasi untuk melakukan transfer dana antar bank yaitu sebesar Rp6.500,00. Biaya tersebut menyebabkan masyarakat terkadang merasa keberatan jika harus membayar biaya administrasi ketika transfer ke bank yang berbeda. Namun dengan adanya kehadiran aplikasi fintech (financial technology) seperti OVO, DANA, OY! Indonesia dan lain sebagainya, masyarakat mulai beralih menggunakan beberapa aplikasi fintech tersebut yang membebaskan biaya administrasi. Salah satu aplikasi fintech yang banyak diminati dengan total unduhan lebih dari 10 juta dan mendapatkan rating 4.4 di google play store adalah aplikasi Flip.id. Seiring berjalannya waktu pengguna sering membahas dan memberikan perspektif maupun opini mereka melalui komentarnya pada ulasan aplikasi Flip.id yang telah disediakan oleh google play store. Opini yang diberikan oleh pengguna melalui ulasan diaplikasi Flip.id juga berfluktuasi. Selain itu, dalam beberapa kasus, bintang dan ulasan yang diberikan unik dan bisa juga berlebihan. Salah satu cara untuk mengevaluasi opini dan ulasan pengguna pada aplikasi ini adalah dengan menggunakan analisis sentimen. Sumber data penelitian ini berasal dari ulasan pengguna terhadap aplikasi Flip.id di google play store untuk dilakukan klasifikasi sentimen menggunakan metode klasifikasi naïve bayes. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode naïve bayes berhasil dalam melakukan klasifikasi analisis sentimen terhadap ulasan aplikasi Flip.id dan mendapatkan hasil akurasi sebesar 79%. Kata kunci: Analisis Sentimen, Fintech, Flip.id, Klasifikasi, Naïve Bayes
Actions (login required)
View Item |