ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ULASAN APLIKASI FLIP.ID MENGGUNAKAN KLASIFIKASI NAÏVE BAYES

MALSI, EVANDRO (2022) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP ULASAN APLIKASI FLIP.ID MENGGUNAKAN KLASIFIKASI NAÏVE BAYES. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB VI)
08 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Bank-bank terbesar di Indonesia telah menetapkan biaya administrasi untuk melakukan transfer dana antar bank yaitu sebesar Rp6.500,00. Biaya tersebut menyebabkan masyarakat terkadang merasa keberatan jika harus membayar biaya administrasi ketika transfer ke bank yang berbeda. Namun dengan adanya kehadiran aplikasi fintech (financial technology) seperti OVO, DANA, OY! Indonesia dan lain sebagainya, masyarakat mulai beralih menggunakan beberapa aplikasi fintech tersebut yang membebaskan biaya administrasi. Salah satu aplikasi fintech yang banyak diminati dengan total unduhan lebih dari 10 juta dan mendapatkan rating 4.4 di google play store adalah aplikasi Flip.id. Seiring berjalannya waktu pengguna sering membahas dan memberikan perspektif maupun opini mereka melalui komentarnya pada ulasan aplikasi Flip.id yang telah disediakan oleh google play store. Opini yang diberikan oleh pengguna melalui ulasan diaplikasi Flip.id juga berfluktuasi. Selain itu, dalam beberapa kasus, bintang dan ulasan yang diberikan unik dan bisa juga berlebihan. Salah satu cara untuk mengevaluasi opini dan ulasan pengguna pada aplikasi ini adalah dengan menggunakan analisis sentimen. Sumber data penelitian ini berasal dari ulasan pengguna terhadap aplikasi Flip.id di google play store untuk dilakukan klasifikasi sentimen menggunakan metode klasifikasi naïve bayes. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode naïve bayes berhasil dalam melakukan klasifikasi analisis sentimen terhadap ulasan aplikasi Flip.id dan mendapatkan hasil akurasi sebesar 79%. Kata kunci: Analisis Sentimen, Fintech, Flip.id, Klasifikasi, Naïve Bayes

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 22 067
NIM/NIDN Creators: 41518010095
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Fintech, Flip.id, Klasifikasi, Naïve Bayes
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.3 Bibliographic Analysis and Control/Bibliografi Analisis dan Kontrol Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:08
Last Modified: 22 Sep 2022 07:56
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69271

Actions (login required)

View Item View Item