AS AD, AS AD (2022) PERAN KOMUNIKASI POLITIK SPIN DOCTOR DALAM MERAIH SUARA TERBANYAK (Studi Kasus Terhadap H. Muhammad Idris dari Partai Nasdem Pada Pemilu 2019 di Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
55220110075-As'ad-01 Cover - As'ad.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
55220110075-As'ad-02 Abstrak - As'ad.pdf Download (211kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
55220110075-As'ad-03 Bab 1 - As'ad.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (Bab 2)
55220110075-As'ad-04 Bab 2 - As'ad.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
||
Text (Bab 3)
55220110075-As'ad-05 Bab 3 - As'ad.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text (Bab 4)
55220110075-As'ad-06 Bab 4 - As'ad.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text (Bab 5)
55220110075-As'ad-07 Bab 5 - As'ad.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
55220110075-As'ad-08 Daftar Pustaka - As'ad.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text (Lampiran)
55220110075-As'ad-09 Lampiran - As'ad.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (Form Pernyataan Keabsahan)
FORM PERNYATAAN KEABSAHAN - As'ad.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
Abstract
Komunikasi politik yang dilakukan oleh spin doctor dalam meraih suara terbanyak bagi calon anggota legislatif yang diusungnya, merupakan suatu yang tidak mudah untuk dilakukan, perlu adanya tim kerja yang solid serta perencanaan yang matang, baik tindakan sebelum terjadinya pemilihan maupun setelah pemilihan. Tim kerja yang dibentuk juga perlu didukung dengan pengalaman politik yang mumpuni, karena spin doctor seharusnya merupakan orang-orang yang bukan hanya memiliki banyak pengalaman terkait dengan politik, akan tetapi juga orang-orang yang telah mengikuti sepak terjang dari calon anggota legislatif serta memahami benar siapa dan apa tujuan dari calon anggota legislatif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi politik spin doctor calon anggota legislatif dalam meraih suara terbanyak di Kabupaten Adm. Kepulauan Seribu pada pemilu 2019 dengan menggunakan teori komunikasi politik dan teori komunikasi persuasif. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa spin doctor melakukan komunikasi politik secara persuasif dan face to face dengan pendekatan kekeluargaan. Calon anggota legislatif juga berperan aktif dalam melakukan komunikasi politiknya. Hal ini dibuktikan dengan keterlibatannya secara langsung dalam tim spin doctor sebagai dewan pembina dan turut aktif dalam menyusun strategi komunikasi politik. Kata Kunci: komunikasi politik, spin doctor, komunikasi persuasif The political communication by spin doctors to gain the majority of votes for the legislative candidates he carries is not easy because it needs solid teamwork and careful planning both before and after the election. The teamwork that is formed also needs to be supported by qualified political experience, therefore, spin doctors should be people who not only have a lot of political experience, but also people who followed the journey of the legislative candidates and understand who they are and what are their purposes. This research aims to analyze the role of spin doctor political communication for legislative candidates in winning the most votes in Adm Regency. Thousand Islands in the 2019 election by using political communication theory and persuasive communication theory. This research uses constructivism paradigm with qualitative approach and case study method. The results showed that spin doctors carried out persuasive and face-to-face political communication with a familial approach. The candidates for legislative members also play an active role in carrying out their political communication. This was proved by his direct involvement in the spin doctor team as a supervisory board and actively participating in formulating political communication strategies. Keywords: political communication, spin doctor, persuasive commmunication
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 55220110075 |
Uncontrolled Keywords: | political communication, spin doctor, persuasive commmunication,komunikasi politik, spin doctor, komunikasi persuasif, KOMPOL, Komunikasi Politik |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | ORYZA LUVITA |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 03:07 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 03:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69269 |
Actions (login required)
View Item |