PEMANFAATAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KAI121_SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI CUSTOMER CARE 121 BAGI PENGGUNA KERETA API INDONESIA

RISKIANAH, RISKIANAH (2022) PEMANFAATAN KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @KAI121_SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI CUSTOMER CARE 121 BAGI PENGGUNA KERETA API INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (COVER)
44219120085-Riskianah-01 Cover - Ris Kianah.pdf

Download (369kB)
[img] Text (ABSTRAK)
44219120085-Riskianah-02 Abstrak - Ris Kianah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text (BAB 1)
44219120085-Riskianah-03 Bab 1 - Ris Kianah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB 2)
44219120085-Riskianah-04 Bab 2 - Ris Kianah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB 3)
44219120085-Riskianah-05 Bab 3 - Ris Kianah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (BAB 4)
44219120085-Riskianah-06 Bab 4 - Ris Kianah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)
[img] Text (BAB 5)
44219120085-Riskianah-07 Bab 5 - Ris Kianah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44219120085-Riskianah-09 Daftar Pustaka - Ris Kianah.pdf

Download (123kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44219120085-Riskianah-10 Lampiran - Ris Kianah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
44219120085-Riskianah-11 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - Ris Kianah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)

Abstract

PR merupakan fungsi Humas di era digital, salah satu tugasnya yaitu mengelola media sosial yang dimiliki instansi dalam menyampaikan pesan yang memiliki makna maksud dan tujuan tertentu. Customer Care 121 merupakan unit kerja PT KAI yang fokus pada layanan angkutan penumpang melalui pengelolaan media sosial salah satunya pemanfaatan konten/isi media sosial Instagram @KAI121_ sebagai media komunikasi PT KAI dengan pengguna kereta api Indonesia guna menarik perhatian khalayak luas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Komunikasi, Public Relations, Era Digital, Digital Public Relations, Media Sosial dan Instagram sebagai dasar informasi. Paradigma yang digunakan adalah Konstruktivis, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara yang mendalam dengan narasumber dan melakukan pengamatan pada media sosial instagram @KAI121_. Teknik Analisa data pada penilitian ini menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang mengemukakan bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara terus-menerus sampai tuntas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital oleh public relations di unit Customer Care 121 PT KAI menggunakan Instagram sebagai media komunikasi karena mengikuti perkembangan zaman dan tren yang ada di masyarakat dengan menyajikan konten-konten yang beragam dan informatif sesuai dengan kebutuhan pengguna kereta api Indonesia. Dalam pengelolaan media sosial Instagram @KAI121_ oleh CC121 dilakukan tahapantahapan pengelolaan yaitu perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Interaksi yang terjadi di Instagram @KAI121_ dengan followers atau pengguna kereta api memperoleh akses informasi digital selama 24 jam dan dapat di akses kapan saja dan dimana saja yang sesuai dengan kebutuhan informasi pengguna kereta api Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44219120085
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations, Media Sosial, Instagram, Digital Public Relations, Social Media, Instagram
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:09
Last Modified: 16 Sep 2022 02:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69152

Actions (login required)

View Item View Item