NUR, RIDA ALBINA (2022) KEPERCAYAAN PELANGGAN PT. INDOLIFE PENSIONTAMA PADA SERTIFIKAT THE INSURANCE OF THE MONTH (Analisis Resepsi Follower Melalui Media Sosial YouTube). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. Abstrak & Abstract.pdf Download (34kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
||
Text (BAB II)
04. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text (BAB III)
05. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB IV)
06. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
||
Text (BAB V)
07. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Citra perusahaan PT. Indolife Pensiontama yang tidak mengalami kasus gagal bayar mendapat akibat dengan adanya beberapa asuransi lain yang sedang bermasalah, akibatnya menurun tingkat kepercayaan nasabah PT. Indolife Pensiontama, baik dari new business dan new customer. Akibat perusahaan asuransi lain yang mengalami kasus gagal bayar, kepercayaan nasabah menurun kepada asuransi PT. Indolife Pensiontama. Citra merupakan sebuah istilah yang sering diperbincangkan di lembaga perusahaan. Karena dengan citra, publik dapat memandang sebuah kualitas dari perusahaan tersebut. Teori yang digunakan adalah teori encoding-decoding dari Stuart Hall yang menyebutkan bahwa pesan diberi kode menurut persepsi pembuatnya, dikirim, dan kemudian ditangkap dan diterjemahkan oleh penerima menurut pemahaman atau persepsinya sendiri. Menurut Stuart Hall, konsep encoding-decoding terbagi menjadi 3 (tiga) kategori jika dilihat dari pengertian pengirim dan pengertian penerima. Ketiga kategori tersebut adalah posisi dominan, negosiasi, dan oposisi. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan deskriptif kualitatif menggunakan metode analisis resepsi dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Wawancara dilakukan kepada 6 (enam) informan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pada analisis resepsi informan mengenai tingkat kepercayaan pelanggan terhadap keterampilan marketing, terdapat 4 informan pada posisi dominan, 0 informan pada posisi negosiasi, dan 2 informan pada posisi oposisi; 2) Pada analisis resepsi informan mengenai tingkat kepercayaan pelanggan terhadap kasus gagal bayar, terdapat 4 informan pada posisi dominan, 0 informan pada posisi negosiasi, dan 2 informan pada posisi oposisi; dan 3) Pada analisis resepsi informan mengenai tingkat kepercayaan pelanggan terhadap penghargaan yang didapat, terdapat 5 informan pada posisi dominan, 1 informan pada posisi negosiasi, dan 0 informan pada posisi oposisi. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa analisis resepsi mengenai tingkat kepercayaan pelanggan PT. Indolife Pensiontama pada sertifikat The Insurance of the Month melalui media sosial YouTube termasuk ke dalam posisi dominan. Saran dari penelitian ini yaitu diharapkan public relations PT. Indolife Pensiontama atau orang-orang yang bekerja dalam menjalankan strategi dan aktivitas public relations untuk lebih memerhatikan konten dan media komunikasi apabila melaksanakan penyelenggaraan aktivitas komunikasi agar publik tertarik. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Asuransi, Encoding-Decoding, Kepercayaan Pelanggan, Sosial Media YouTube
Actions (login required)
View Item |