DRAMATURGI RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN CITRA HOTEL IBIS BUDGET CIKINI

UMBOH, BIANCA ANASYACIA (2021) DRAMATURGI RECEPTIONIST DALAM MENINGKATKAN CITRA HOTEL IBIS BUDGET CIKINI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (COVER)
Cover Bianca Anastacia (1) - Andras Dewata.pdf

Download (543kB)
[img] Text (ABSTRAK)
Abstrak - Andras Dewata.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 1)
02 Bab 1 44216110153 Bianca Anastacia - Andras Dewata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB 2)
03 Bab 2 44216110153 Bianca Anastacia - Andras Dewata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB 3)
04 BAB 3 44216110153 Bianca Anastacia - Andras Dewata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB 4)
05 Bab 4 44216110153 Bianca Anastacia - Andras Dewata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB 5)
06 BAB 5 44216110153 Bianca Anastacia - Andras Dewata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (DAFTAT PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA BIANCA ANASTACIA - Andras Dewata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN Bianca Anastacia - Andras Dewata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI)
form keabsahan dan persetujuan publikasi - Andras Dewata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang dramaturgi yang dilakukan oleh resepsionist di hotel Ibis Budget Jakarta Cikini, Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif untuk mendapatkan data-data berdasarkan hasil dari wawancara dan studi literature sehingga menghasilkan penggambaran yang mendalam mengenai peran dan strategy reception. Hasil penelitian menunjukan sikap yang tidak baik seorang reception sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan yang datang bahkan dapat membuat tamu tidak mau dating kembali. Sedangkan seorang receptionist harus professional dalam bekerja karena semua yang ada di tubuh Mereka di atur oleh SOP seperti cara menyapa tamu, bersikap,tutur kata, penampilan, bahkan bersikap disinilah peran dramaturgi seorang receptionist. Akan tetapi di balik semua peneliti menemukan perbedaan antara panggung depan dan panggung belakang, ternyata ada beberapa resepsionis yang tidak sama dengan panggung depannya, ternyata ada beberpa resepsionis yang tidak berpenampilan rapih seperti saat mereka bekerja atau di panggung depannya. Ada juga resepsionis yang ternyata suka berbicara dengan nada tinggi dan tertawa terbahak-bahak tidak seanggun saat sedang memerankan panggung depannya. Akan tetapi di balik semua peneliti menemukan perbedaan antara panggung depan dan panggung belakang, ternyata ada beberapa resepsionis yang tidak sama dengan panggung depannya, ternyata ada beberpa resepsionis yang tidak berpenampilan rapih seperti saat mereka bekerja atau di panggung depannya. Ada juga resepsionis yang ternyata suka berbicara dengan nada tinggi dan tertawa terbahak-bahak tidak seanggun saat sedang memerankan panggung depannya. Teori yang di gunakan adalah dramaturgi Pernyataan paling terkenal Goffman tentang teori dramaturgis, Istilah Dramaturgi dimana kental dengan pengaruh drama atau teater atau pertunjukan fiksi diatas panggung dimana seorang aktor memainkan karakter manusia-manusia yang lain sehingga penonton dapat memperoleh gambaran kehidupan dari tokoh tersebut dan mampu mengikuti alur cerita dari drama yang disajikan. di pekerjaan bidang jasa sangatlah hal yang biasa terjadi dan sangat di butuhkan,semua orang memiliki kehidupan pribadi. Yang dimana apabila seorang pekerja membawa masalah pribadi kedalam pekerjaannya dan menunjukan sikap yang tidak baik kepada tamu yang di layani akan memberikan dampak buruk bagi citra perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44216110153
Uncontrolled Keywords: Dramaturgi, Resepsionis, Citra Ibis Budget Cikini. http://lib,
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 14 Sep 2022 07:06
Last Modified: 14 Sep 2022 07:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69060

Actions (login required)

View Item View Item