PEMBENTUKKAN IDENTITAS DIRI MAHASISWA JAKARTA BARAT DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

OKTAVIANI, ERVINA (2022) PEMBENTUKKAN IDENTITAS DIRI MAHASISWA JAKARTA BARAT DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK dan ABSTRACT.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN TRANSKIP WAWANCARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)

Abstract

Media sosial Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan dan diminati oleh banyak orang terkhusus di kalangan mahasiswa. Pembentukkan identitas diri menjadi salah satu peristiwa di dunia digital mengenai bagaimana anak muda khususnya mahasiswa menggunakan media sosial Instagram sebagai wadah untuk menunjukkan identitas dirinya dan menyalurkan ide kreatifitasnya. Motif informan dalam menggunakan Instagram adalah untuk eksistensi diri, relasi pertemanan, hiburan, dan kebutuhan bisnis. Identitas diri dalam menggunakan media sosial Instagram informan lebih ke identitas pribadi dan tahapan pemebentukkan identitas informan yang ditemukan dalam penelitian ini ada tiga yaitu : identity diffusion, identity moratorium, dan identity achievement. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif adalah fenomenologi, yaitu fenomenologi Husserl. Fenomenologi Husserl menganalisis pengalaman hidup manusia sebagaimana individu mengalami dan merasakan secara subjektif dan intersubjektif dengan sesame manusia lainnya. Subjek penelitian ini adalah lima orang mahasiswi yang berkuliah di wilayah Jakarta barat dan aktif menggunakan media sosial Instagram. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstrutivisme. Paradigma ini memandang bahwa kenyataan itu hasil konstruksi atau bentukan dari manusia itu sendiri. Kenyataan itu bersifat ganda, dapat dibentuk, dan merupakan satu keutuhan. Kenyataan ada sebagai hasil bentukan dari kemampuan berpikir seseorang. Pengetahuan hasil bentukan manusia itu tidak bersifat tetap tetapi berkembang terus. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam membentuk identitas diri membentuk identitas diri dilalui oleh beberapa tahapan dan berdasarkan pengalaman dan latar belakang sifat, keluarga, dan budaya yang masing masing tidak sama, sehingga memiliki motivasi, dan harapan yang berbedabeda dalam membentuk identitas diri pada media sosial Instagram. Kata Kunci : pembentukkan identitas diri, media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 22 048
NIM/NIDN Creators: 44118010012
Uncontrolled Keywords: pembentukkan identitas diri, media sosial Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 120 Epistemology/Epistemologi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:17
Last Modified: 14 Sep 2022 04:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69044

Actions (login required)

View Item View Item