HUWAIDA, AYUNING NABILAH (2022) PERANCANGAN TERMINAL BUS PORIS PLAWAD BERBASIS TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT DI KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. FILE COVER.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (23kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (18kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Dalam perkembangan perkotaan, kawasan transit seperti terminal dan fasilitas transit intermoda telah menjadi aspek yang tidak terpisahkan. Daerah disekitar titik transit merupakan kawasan potensial untuk dikembangkan. Hal ini terkait dengan kemudahan akses yang ditawarkan kawasan lokasinya berdekatan fasilitas transit dengan mempertimbangkan bangkitan yang ditimbulkan oleh fasilitas tersebut. Kota Tangerang memiliki simpul-simpul transportasi utama yang berperan dalam konektivitas dengan pusat-pusat kegiatan antar kota dan dalam Kota Tangerang itu sendiri, diantaranya adalah Terminal Poris Plawad (tipe A) di Kecamatan Cipondoh. Terdapat juga Stasiun Batu Ceper yang berlokasi di depan Terminal Poris Plawad. Terminal bus Poris Plawad merupakan salah satu prasarana transportasi jalan untuk keperluan menurunkan dan menaikkan penumpang dalam perjalanan darat Jawa dan Sumatera. Konsep dasar dari perancangan Integrated TransportHub yang merupakan penggabungan transportasi antar terminal atau stasiun atau bandara. Integrasi pada transporthub yang baik adalah yang menguntungkan bagi pengelola dan pengguna angkutan umum. Penumpang dapat memiliki pengalaman perjalanan yang baik, mudah dan nyaman dan lebih menguntungkan daripada menggunakan kendaraan pribadiTerminal Bus Poris Plawad dan Stasiun Batu Ceper kurang memenuhi syarat sebagai transit kawasan TOD dikarenakan tidak adanya integrasi pada transit TOD Poris Plawad dan kurangnya fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh terminal bus dan stasiun tersebut. Lalu terdapat juga masalah pada sirkulasi antara kendaraan dan kendaraan dengan penumpang yang terdapat pada Terminal Poris Plawad yang saling tumpang tindih (Cross Circulation). Terminal Bus Poris perlu adanya perubahan yang signifikan dikarenakan bangunan yang sudah tua dan juga sirkulasi antar kendaranaan yang masih crossing dan juga pedestrian yang sangat minim untuk pengguna jalan. dan juga Terminal Bus Poris dibutuhkan integrasi sepeeti jembatan penghubung dengan Stasiun Batu Ceper. Kata kunci : Terminal Bus, Transit Oriented Development, Stasiun Batu Ceper.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/ARS. 22 015 |
NIM/NIDN Creators: | 41216010020 |
Uncontrolled Keywords: | Terminal Bus, Transit Oriented Development, Stasiun Batu Ceper |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | ELMO ALHAFIIDH PUTRATAMA |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 02:39 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 02:39 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69028 |
Actions (login required)
View Item |