PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP RUBRIK KILAS USAHA PADA MAJALAH BERITA KOMUNITAS ADINFO SERPONG, KARAWACI DAN SEKITARNYA

NUGROHO, ARI (2007) PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP RUBRIK KILAS USAHA PADA MAJALAH BERITA KOMUNITAS ADINFO SERPONG, KARAWACI DAN SEKITARNYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi - CD.pdf

Download (453kB) | Preview

Abstract

Media massa merupakan salah satu alat komunikasi yang diciptakan untuk menyampaikan pesan kepada sejumlah besar orang. Dewasa ini arus informasi semakin menggelombang secara terus menerus sehingga khalayak kebanjiran informasi. Begitu pula dengan sebagian masyarakat yang tinggal di komunitas tertentu, mereka juga tak luput dari derasnya arus informasi yang masuk meskipun hanya bersifat lokal. Begitu banyak atau bahkan hampir semua teori-teori komunikasi massa membahas masalah efek-efek. Efek komunikasi merupakan hal yang menarik bagi mereka-mereka yang ingin berhubungan dengan orang lain dan yang karenanya ingin memakai saluran paling efektif menuju khalayak, serta mereka yang takut akan dampak negatif media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi khalayak terhadap rubrik Kilas Usaha pada majalah berita komunitas AdInfo Serpong, Karawaci & sekitarnya pada periode Agustus 2006 di Bumi Serpong Damai (BSD). Persepsi khalayak dalam penelitian ini berkaitan dengan penilaian manusia terhadap media massa cetak, dalam hal ini adalah majalah khususnya pada spesifikasi sebuah rubrik. Persepsi positif akan tercipta karena adanya pemenuhan kebutuhan khalayak oleh media massa yang bersangkutan. Populasi penelitian ini adalah warga penghuni berbagai komplek ruko yang ada di wilayah BSD. Jumlah sampel sebanyak 95 orang diambil dengan menggunakan teknik acak terlapis. Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dan metode yang digunakan adalah metode survey. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi khalayak terhadap rubrik Kilas Usaha pada majalah berita komunitas AdInfo Serpong, Karawaci dan Sekitarnya adalah positif. Hal ini dapat dilihat dari hampir seluruh responden yang berjumlah 95 orang menjawab dengan nilai 84 – 64 sebanyak 85 orang atau 89,5%. Nilai ini mengindikasikan bahwa persepsi khalayak adalah baik, selebihnya responden yang menjawab dengan nilai 63 – 43 adalah 10 orang atau 10,5% dengan indikasi persepsi sedang atau biasa saja.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04100-015
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI KHALAYAK TERHADAP RUBRIK KILAS USAHA PADA MAJALAH BERITA KOMUNITAS ADINFO SERPONG, KARAWACI DAN SEKITARNYA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:04
Last Modified: 01 Sep 2022 04:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68735

Actions (login required)

View Item View Item