STRATEGI REDAKSI TRANS TV DALAM MENAYANGKAN BERITA (STUDI KASUS PADA PEMBERITAAN BENCANA PROGRAM REPORTASE SORE BULAN MEI 2006)

RAHAYUNINGSIH, IKA (2007) STRATEGI REDAKSI TRANS TV DALAM MENAYANGKAN BERITA (STUDI KASUS PADA PEMBERITAAN BENCANA PROGRAM REPORTASE SORE BULAN MEI 2006). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
Sampul_revisi.rtf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.rtf

Download (55kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-OK_Revisi.rtf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II-OK_revisi.rtf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text (BAB III)
BAB_III_OK_revisi.rtf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab IV_OK_REVISI.rtf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V_OK_Revisi.rtf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka_revisi.rtf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)

Abstract

Jurnalisme televisi di Indonesia dimulai ketika stasiun televisi milik pemerintah TVRI mengudara pada akhir tahun 1960-an. Tetapi perkembangan jurnalisme televisi paling radikal terjadi ketika reformasi kepemimpinan nasional terjadi pada tahun 1998. Peristiwa ini berdampak pada kebebasan arus informasi termasuk pendirian beberapa stasiun televisi swasta baru termasuk TRANS TV. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Penelitian dibatasi pada pemberitaan program Reportase Sore TRANS TV bulan Mei 2007, dimana pada bulan itu terjadi bencana nasional, antara lain gempa bumi dengan kekuatan 5,9 skala richter di jogjakarta dan sekitarnya disamping pemberitaan aktivasi merapi yang menduduki rundown berita hampir sebulan penuh. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara dengan para narasumber yang berhubungan dengan struktur organisasi pemberitaan di TRANS TV. Adapun narasumber atau key informan yang peneliti ambil sebagai ukuran tentang strategi pemberitaan di TRANS TV adalah: Gatot Triyanto, Kepala Departement News Bulettin and Magazine TRANS TV, Ponco Wijaya selaku Koordinator Liputan Daerah TRANS TV, Dewi Artiwi selaku salah satu Produser REPORTASE SORE, Aulia Rohmi selaku reporter dan Tina Talisa selaku reporter dan presenter program Reportase TRANS TV. Penelitian juga dilakukan dengan pengamatan mekanisme kerja redaksi Reportase Sore TRANS TV. Hasil penelitiannya adalah TRANS TV menggunakan kekuatan berita yang bertutur tentang manusia dan problematikanya dengan alasan tidak ingin ikut format pemberitaan yang umum ada di stasiun televisi lain. Naskah berita dibuat sesederhana mungkin agar pemirsa mudah mencerna informasi yang disampaikan sehingga membangun kedekatan dengan pemirsanya. Strategi pemberitaan pada Reportase Sore meski bukan hal baru dalam jurnalisme televisi, ternyata mampu meningkatkan pula rating atau jumlah penonton yang menonton acara berita di TRANS TV. Berdasarkan hasil penelitian peneliti, rating pemirsa yang menonton Reportase Sore TRANS TV secara periodik mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan pada jam tayang yang sama dimana hampir semua stasiun televisi swasta menayangkan program berita, Reportase Sore dalam perolehan rating sering menempati posisi teratas. Inilah yang menjadi alasan untuk meneliti bagaimana strategi yang digunakan tim redaksi Reportase Sore TRANS TV sehingga berbeda dengan stasiun televisi swasta lainnya. Peneliti berharap karya ilmiah ini bisa menjadikan jurnalisme televisi di Indonesia semakin baik dan terdidik. Harapan juga diberikan untuk perbaikan-perbaikan yang bisa dilakukan tim Reportase Sore TRANS TV dalam menayangkan berita serta pencerahan untuk para pembaca karya ilmiah ini.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 4410411-028
Uncontrolled Keywords: STRATEGI REDAKSI TRANS TV DALAM MENAYANGKAN BERITA (STUDI KASUS PADA PEMBERITAAN BENCANA PROGRAM REPORTASE SORE BULAN MEI 2006)
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:31
Last Modified: 31 Aug 2022 06:31
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68699

Actions (login required)

View Item View Item