STRATEGI KREATIF IKLAN TV BANK BTN BATARA PRIMA (VERSI “balon zeppelin”)

SYAEFUDDIN, ACHMAD (2007) STRATEGI KREATIF IKLAN TV BANK BTN BATARA PRIMA (VERSI “balon zeppelin”). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover & Pendahuluan.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (ISI SKRIPSI)
02 SKRIPSI Achmad Syaefuddin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam membuat iklan diperlukan adanya strategi kreatif agar tampilan visualisasinya menarik dan mudah diingat khalayak. Strategi kreatif memiliki peran yang sangat besar dalam kreatif iklan di media televisi. Bank BTN sebagai bank pemerintah yang telah berpengalaman selaku produsen dari Tabungan Batara Prima melakukan kampanye secara strategis (membangun dan mempertahankan image/citra) dengan membuat iklan televisi yang menggunakan “balon zeppelin” sebagai versinya, bekerjasama dengan Artek n’ Partner Communication selaku biro iklannya. Dalam proses pembuatan iklan tabungan batara prima dan biro iklan menerapkan suatu strategi dalam menerapkan proses kreatif iklannya. Dari latar belakang tersebut, tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif dalam pembuatan iklan TV Bank BTN Batara Prima versi balon zeppelin. Konsep yang digunakan mengacu pada konsep teori model Laswell yang menjelaskan tentrang proses komunikasi, strategi kreatif periklanan yang dikeluarkan oleh Sandra Moriarty dan tahap-tahap dalam menghasilkan ide yang dikeluarkan oleh Don. E. Schultz Sedangkan metode penelitian yang digunakan menggunakan metode studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan memperoleh data atau informasi dengan melakukan wawancara mendalam beberapa narasumber, yaitu creative dept. dan account executive dari pihak artek n’ partners communication selaku biro iklan. Hasil secara keseluruhan mengenai strategi kreatif iklan Tabungan Batara Prima “versi balon zeppelin”, bahwa pembuat iklan mencoba menampilkan sesuatu yang unik, yakni menciptakan USP (unique selling point) dengan menggunakan visualisasi dari balon zeppelin. Dari sesuatu yang unik tersebut disimpulkan bahwa pembuat iklan mencoba mengingatkan, menanamkan dan meyakinkan konsumen dengan suatu tema-tema iklan tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04301-003
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KREATIF IKLAN TV BANK BTN BATARA PRIMA (VERSI “balon zeppelin”)
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:57
Last Modified: 26 Aug 2022 02:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68525

Actions (login required)

View Item View Item