DAYA TARIK UNSUR VISUAL KEMASAN PERDANA ESIA DENGAN MINAT BELI KONSUMEN (Survey Warga RW 05 Kompleks Taman Alfa Indah 31 Mei 2007 sampai dengan 4 Juni 2007)

TAURAT, NOOR (2007) DAYA TARIK UNSUR VISUAL KEMASAN PERDANA ESIA DENGAN MINAT BELI KONSUMEN (Survey Warga RW 05 Kompleks Taman Alfa Indah 31 Mei 2007 sampai dengan 4 Juni 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI.pdf

Download (649kB) | Preview

Abstract

Daya tarik visual kemasan adalah salah satu faktor terpenting dalam menunjang sebuah kemasan. Kemasan yang memiliki nilai yang baik dapat membangkitkan perhatian serta keinginan dan selera konsumen untuk memiliki yang pada akhirnya timbulnya minat beli pada konsumen dan tahap selanjutnya yaitu dengan pembelian suatu produk Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah S-O-R yang dikembangkan oleh De Fleur. Teori ini menjelaskan bahwa efeck merupakan reaksi tertentu terhadapstimulus (rangsang) tertentu. Teori yang kedua adalah dengan menggunakan AIDCA, digunakan melihat bagaimana hubungan daya tarik kemasan dan minat beli konsumen. Sehingga didalam proses komunikasi tersebut kemasan sebagai media yang melekat pada sebuah produk dalam menyampaikan pesannya memiliki daya tarik visual tersendiri yang mengacu pada penampilan luar kemasan mencakup warna, bentuk, merek, ilustrasi, teks/typografi, tata letak merupakan suatu kekuatan yang mampu mengarahkan keinginan konsumen untuk membeli. Penelitian ini bersifaf Eksplanatif, yaitu suatu penelitian yang didefinisikan untuk mencari hubungan, dengan menggunakan metode survei bertujuan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keteranganketerangan secara faktual. Sample adalah warga Kompleks Taman Alfa Indah RW 05 yang berjumlah 1908 jiwa dan yang menjadi sampel sebanyak 95 responden yaitu remaja, dewasa dan orang tua berusia 17-36 tahun merupakan target audience dari Esia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survei yaitu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Adapun hasil penelitian ini dengan menggunakan Pearson Correlation menunjukan adanya hubugan yang cukup berarti (r xy = 0,514 antara hubungan daya tarik visual kemasan Perdana Esia ( x ) dengan minat beli ( y ).

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04300-053
Uncontrolled Keywords: DAYA TARIK UNSUR VISUAL KEMASAN PERDANA ESIA DENGAN MINAT BELI KONSUMEN (Survey Warga RW 05 Kompleks Taman Alfa Indah 31 Mei 2007 sampai dengan 4 Juni 2007)
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian > 334.5 Consumer Cooperatives/Koperasi Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:43
Last Modified: 25 Aug 2022 07:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68489

Actions (login required)

View Item View Item