PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

KARAMALLAH, MUHAMMAD HABIBI (2020) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to analyze and explain the influence of leadership and organizational climate on Organizational Citizenship Behavior (OCB) with job satisfaction as an intervening variable. The subjects of this study were all employees of PT. Indonesian National Reinsurance with a sample size of 68 people. This study uses a data map method with a Likert scale and using pathway analysis. Processing and analysis of research data using SPSS (Statistical Product and Service Solution) version 25.0 software. The results showed that 31% of leadership factors influence job satisfaction at PT. Indonesian National Reinsurance, with a t count of 3.239 and a P value of 0.002. Leadership also has a direct effect on OCB of 25.3%, with a t count of 2.008 and a P value of 0.027. The climate factor also affects job satisfaction by 34.70%, with a tcount of 5.922 and a P value of 0.000. Organizational climate also has a direct influence on OCB of 22.2% with a tcount of 2.008 and a P value of 0.040. The job satisfaction factor turned out to have an influence on OCB, namely 27.7%, with a t count of 2.059 and a P value of 0.044. Leadership factors (8.6%) and organizational climate (14.3%) also have an indirect effect on OCB with job satisfaction as an intervening variable even though the path coefficient value is lower than the direct effect. Keywords: Leadership, Organizational Climate, Job Satisfaction, Organizational Citizenship Behavior ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh kepemimpinan dan iklim organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Subjek penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. Reasuransi Nasional Indonesia dengan jumlah sampel 68 orang. Penelitian menggunakan metode peta data dengan skala likert yang memberikan lima pilihan jawaban dengan analisis jalur. Pengolahan dan analisis data penelitian menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 31% faktor kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja pada PT. Reasuransi Nasional Indonesia, dengan t hitung 3,239 dan nilai P 0,002. Kepemimpinan ternyata juga memiliki pengaruh langsung terhadap OCB sebesar 25,3%, dengan t hitung 2.008 dan nilai P 0,027. Faktor iklim juga berpengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 34,70%, dengan thitung 5.922 dan nilai P 0,000. Iklim organisasi juga memiliki pengaruh langsung terhadap OCB sebesar 22,2% dengan nilai thitung 2.008 dan nilai P 0,040. Faktor kepuasan kerja ternyata memiliki pengaruh terhadap OCB yaitu 27,7%, dengan t hitung 2.059 dan nilai P 0,044. Faktor kepemimpinan (8,6%) dan iklim organisasi (14,3%) juga berpengaruh tidak langsung terhadap OCB dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening walaupun dengan nilai koefisien jalur yang lebih rendah dibandingkan pengaruh langsungnya. Kata kunci: Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Organizational Citizenship Behavior, Kepuasan Kerja

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: FE/MSDM 20 001
NIM/NIDN Creators: 55118310039
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Iklim Organisasi, Organizational Citizenship Behavior, Kepuasan Kerja
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 25 Aug 2022 06:15
Last Modified: 25 Aug 2022 06:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68449

Actions (login required)

View Item View Item