STRATEGI KREATIF IKLAN TELEVISI SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUDAYA

Chaeruddin, Chaeruddin (2007) STRATEGI KREATIF IKLAN TELEVISI SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUDAYA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
Skripsi_Chaeruddin.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi merupakan suatu arah / perencanaan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam iklan diperlukan suatu perencanaan kreatif untuk menghasilkan iklan yang mampu menarik perhatian khalayak. Pada strategi dari isi iklan susu kental manis Frisian Flag dengan menggunakan pendekatan budaya menjadi hal yang menarik untuk diteliti, oleh karenanya penulis terdorong untuk meneliti lebih jauh mengenai kreatifitas dalam sebuah iklan. Permasalahan yang ingin diangkat adalah apa yang menjadi dasar iklan televisi susu kental manis Frisian Flag membentuk strategi kreatif dengan memanfaatkan pendekatan budaya, dan tujuan dari penelitian adalah untuk memaparkan strategi kreatif iklan televisi susu kental manis Frisian Flag versi pendekatan budaya (”teh”, ”tulang”, ”beli”) yang dilakukan biro iklan Leo Burnett Kreasindo pada tahun 2004. Pengertian dalam strategi kreatif mengacu pada konsep A D Farbey, George E Belch and Michael E Belch, Sandra E Moriarty, David A Aaker, kemudian eksekusi iklan mengacu pada konsep Sandra E Moriarty, George E Belch and Michael E Belch, J Thomas Russel and W Ronald Lane. Metode yang digunakan penulis adalah metode studi kasus (case study), kemudian sifat penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui pedoman wawancara terhadap art creator / tim kreatif Leo Burnett Kreasindo. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep / tema iklan televisi susu kental manis Frisian Flag versi pendekatan budaya dibentuk berlandaskan untuk menggambarkan kedekatan susu kental manis brand Frisian Flag dalam kehidupan orang / keluarga Indonesia, sehubungan dengan kehadiran brand tersebut sejak lama, sekaligus menciptakan suatu iklan televisi yang berbeda dengan pesaingnya. Mengacu pada konsep / tema iklan tersebut strategi kreatif kemudian diciptakan secara cermat untuk menghasilkan iklan televisi yang sukses. Berbagai macam hal yang terdapat dalam eksekusi iklan televisi pun dirancang sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian audiens. Begitu juga didukung dengan penayangan iklan televisi yang cukup sering.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04301-024
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KREATIF IKLAN TELEVISI SUSU KENTAL MANIS FRISIAN FLAG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BUDAYA
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Aug 2022 06:08
Last Modified: 24 Aug 2022 06:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68376

Actions (login required)

View Item View Item