STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia Dalam Pemasaran Album Sheila On 7 (Album Pejantan Tangguh)

ANWAR, KHAIRUL (2007) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia Dalam Pemasaran Album Sheila On 7 (Album Pejantan Tangguh). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI_Khairul Anwar.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Promosi merupakan langkah penting bagi perusahaan label musik terkemuka di Indonesia dalam menjalankan aktifitas sebagai industri hiburan yang professional dan mencari keuntungan melalui artis-artis dan album lagu yang diorbitkannya, akan tetapi persaingan baik antara perusahaan label musik serta artis-artisnya semakin ketat, sehingga berpengaruh dalam penjualan album lagu. Sheila On 7 dalam album “Pejantan Tangguh” sebagai objek penelitian ini mengalamai persentasi yang menurun dalam penjualan album “Pejantan Tangguh” ini oleh PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti lebih jauh dengan rumusan masalahnya, yaitu strategi komunikasi pemasaran PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia dalam memasarkan album “Pejantan Tangguh” oleh Sheila On 7. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah A System of Marketing Communication dari Chris Fill yang terdiri dari Key Factor Analysis, Promotion Objective, Positioning, Budget serta Research and Evaluation. Selain teori tersebut, terdapat teori yang menjelaskan mengenai alat komunikasi pemasaran yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, humas, penjualan tatap muka, dan pemasaran langsung. Sifat penelitian ini menggunakan penelitian dekriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode indepth interview atau wawancara langsung dengan narasumber dari PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia, serta studi kepustakaan yang terkait dengan strategi komunikasi pemasaran. Hasil penelitian yang didapat adalah Sheila On 7 tidak melakukan inovasi dan metode khusus yang berbeda dengan artis lainnya dalam melakukan promosi album “Pejantan Tangguh”, strategi yang dilakukan adalah promosi melalui radio dengan pemutaran lagu hitsnya secara berkala, pemutaran video klip di TV, dan promo-tour ke kota-kota di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 04301-055
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT. SonyBMG Music Entertainment Indonesia Dalam Pemasaran Album Sheila On 7 (Album Pejantan Tangguh)
Subjects: 700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:49
Last Modified: 24 Aug 2022 02:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68338

Actions (login required)

View Item View Item