PERANCANGAN TAMAN BUDAYA DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

PRAMONO, DHEA MUTIARA (2021) PERANCANGAN TAMAN BUDAYA DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER,ABSTRAK,LEMBAR PENGESAHAN,LEMBAR PERNYATAAN, KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang biasa disebut dengan Jogja merupakan salah satu Provinsi dari banyaknya Provinsi di Indonesia yang dikenal sebagai kota Budaya. Yogyakarta terutama kabupaten Sleman berencana membangun sebuah taman budaya yang merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sleman, lebih tepatnya berlokasi di Pandowoharjo Sleman dalam mengembangkan wilayah Sleman Tengah untuk melestarikan nilai – nilai budaya tersebut dan juga agar semua peninggalan budaya dapat tersimpan baik. Keberadaan Taman Budaya Sleman ini nantinya dapat memfasilitasi berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilaksanakan oleh para budayawan, seniman, mahasiswa, pelajar, maupun masyarakat umum. Konsep pada perancangan ini dihadirkan melalui hasil dari keterkaitan tema dan objek. Konsep dasar yang digunakan pada perancangan ini diambil berdasarkan tema yaitu green building dan arsitektur neo vernacular tetapi, tetap mengedepankan nilai-nilai lokal pada adat Yogyakarta. Nilai lokal yang terkandung pada bangunan terdapat pada penggunaan atap bubungan bangunan, serta ornamen-ornamen Budaya setempat, sehingga hasil perancangan dapat menjadi suatu identitas dari daerah tersebut. Kata kunci : Taman Budaya, Arsitektur Neo Vernakular, Green Arsitektur.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/ARS 21 032
NIM/NIDN Creators: 41217210032
Uncontrolled Keywords: Keywords: Cultural Park, Neo Vernacular Architecture, Green Architecture.
Subjects: 200 Religion/Agama > 240 Christian Moral and Devotional Theology/Moral Kristen dan Teologi Kebaktian > 246 Use of Art in Christianity/Seni dalam Agama Kristen > 246.9 Architecture/Arsitektur
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 Aug 2022 09:53
Last Modified: 23 Aug 2022 09:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68321

Actions (login required)

View Item View Item