LAPORAN TUGAS AKHIR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG TAMAN BUDAYA SLEMAN

INDRAJAYA, ADITYA (2021) LAPORAN TUGAS AKHIR PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GEDUNG TAMAN BUDAYA SLEMAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (946kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam kekayaan budaya. Sehingga diperlukan suatu wadah yang tepat untuk menjadi ladang pelestarian budaya tersebut. Salah satu kontribusi yang dapat diberikan oleh bidang arsitektur adalah dengan dibuatnya fasilitas taman budaya yang mengakomodir hal tersebut. Kebudayaan merupakan salah satu hal yang menjadi warisan peninggalan yang telah diberikan turun temurun oleh generasi terdahulu yang terwujud dalam bentuk benda, nilai-nilai, dan berbagai macam kesenian. Sehingga pentingnya perancangan yang tepat di dalam mengakomodir berbagai macam hal tersebut. Perwujudan pelestarian budaya dilakukan dengan dirancangnya fasilitas taman budaya di Kabupaten Sleman sebagai salah satu Kabupaten yang cukup kental akan nuansa kebudayaan Jawa di Indonesia. Konsep perancangan Taman Budaya ini tidak terbatas pada pedoman arsitektur tradisional Jawa pada umumnya, akan tetapi juga berpedoman pada perkembangan teknologi arsitektur terkini, sehingga menghasilkan konsep neo-vernacular di dalam perancangan Taman Budaya tersebut, dan juga menghasilkan bangunan dengan konsep green building yang ramah terhadap lingkungan. Dengan demikian, diharapkan hasil perancangan ini dapat menjadi salah satu kontribusi untuk perencanaan taman budaya yang mampu melestarikan budaya serta menjadi bangunan yang ramah lingkungan. Kata Kunci: Kebudayaan, neo vernacular, green building.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/ARS 21 019
NIM/NIDN Creators: 41216310034
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kebudayaan, neo vernacular, green building.
Subjects: 200 Religion/Agama > 240 Christian Moral and Devotional Theology/Moral Kristen dan Teologi Kebaktian > 246 Use of Art in Christianity/Seni dalam Agama Kristen > 246.9 Architecture/Arsitektur
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:48
Last Modified: 23 Aug 2022 08:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68307

Actions (login required)

View Item View Item