HASANAH, USWATUN (2020) ANALISIS WACANA PESAN PERSUASIF PENDAKWAH DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2019 PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @yusufmansurnew @aagym @felixau. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (770kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (52kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
Abstract
Seorang pendakwah memiliki tugas untuk menyampaikan pesan persuasif dalam konteks agama, memberi nasihat, pencerahan dan selalu mengingatkan dalam kebaikan. Pendakwah masa kini terlibat dalam dunia politik, terlihat dipandang sebelah mata, jika tugasnya berdakwah tapi ikut dan bahkan masuk ranah politik, seperti tidak konsisten pada profesi yang dipilihnya sebagai pendakwah. Perdebatan pemilihan presiden 2019, menjadi daya tarik terkait wacana pesan persuasif yang disampaikan oleh pendakwah pada akun media sosial Instagram @yusufmansurnew, @aagym @Felixau. Karena mereka, memiliki peran penting dan berpengaruh besar dalam pemilihan presiden 2019. Walaupun demikian penelitian ini dibatasi 7 hari sebelum pemilihan presiden dan 7 sesudah pemilihan presiden 2019. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma kritis. membongkar apa yang menjadi faktor pendakwah membangun wacana pesan persuasif tersebut. Metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian analisis wacana Van Dijk. Analisis Wacana Van Dick bertujuan untuk mengungkap suatu makna dibalik teks yang disajikan dengan memberikan gambaran wacana apa yang dibangun oleh para pendakwah dalam menentukan pilihannya. Mempunyai tiga dimensi/ bangunan : teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Inti analisis van Dijk adalah menggabungkan ketiga dimensi wacana tersebut ke dalam satu kesatuan analisis. Hasil Penelitian dan pembahasan secara teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Wacana pesan persuasif yang dibangun, tidak seutuhnya memilih, namun ada faktor lainnya. Terdapat perbedaan pilihan baik itu pro, kotra dan netral. Kata Kunci : Analisis Wacana Kritis, Pesan Persuasif, Instagram, PR Politik
Actions (login required)
View Item |