STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN KEBERADAAN PROGRAM INBOX DI SCTV PERIODE 26-27 SEPTEMBER TAHUN 2014 DAN 2015

EFDA, ARRUM DARA (2016) STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN KEBERADAAN PROGRAM INBOX DI SCTV PERIODE 26-27 SEPTEMBER TAHUN 2014 DAN 2015. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1.HAL COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
8.DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi pembuatan program berpengaruh dalam keberhasilan membentuk suatu program acara baru. Diantara program acara yang ditampilkan oleh stasiun televisi, program variety show merupakan program yang banyak ditampilkan oleh stasiun televisi swasta, namun tidak banyak program televisi tersebut yang memiliki usia yang panjang atau dapat bertahan lama. Selain itu, luasnya siaran yang tersebar ke seluruh Indonesia membuat pekerja dunia broadcasting harus berhati-hati menampilkan apa yang akan disiarkannya. Dalam hal ini, pihak yang paling bertanggung jawab dalam penyiaran adalah pihak televisi itu sendiri yang juga dapat secara langsung melakukan pengawasan terhadap pekerja televisi dan menentukan strategi kreatif agar program tersebut tetap bertahan. Penelitian ini bertujuan untk mendeskripsikan strategi kreatif produser berdasarkan elemen-elemen strategi program acara menurut Morissan yaitu perencanaan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program, pengawasan dan evaluasi program. Subjek penelitian dalam hal ini adalah program acara INBOX, Eksekutif Produser, Produser, Kreatif, Pembawa Acara dan penonton. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memberikan gambaran dari suatu gejala atau fenomena dari suatu gejala sosial tertentu secara sistematis, faktual dan cermat. Metode penelitian ilmu-ilmu sosial yang secara umum pertanyaan dalam penelitiannya bekenaan dengan “how” atau “why”. Metode pengumpulan data dilakukan dengan indepth interview terhadap 5 orang key informan. Hasil penelitian ini membahas mengenai strategi kreatif yang dilakukan oleh tim produksi INBOX dalam mempertahankan keberadaan program INBOX di SCTV seperti menentukan Target Penonton, Format Acara (Ide/Gagasan dan Tujuan Program). Konten Acara (Nama Program dan Kemasan Program meliputi Treatment, Gimmick, Music), Interaksi Program, serta Evaluasi dan Perencanaan Program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam mempertahankan keberadaan sebuah program acara, selain dari semua pihak yang memiliki tugas dan tanggung jawab masingmasing, tim produksi harus memiliki strategi kreatif yang be

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD 16 007
NIM/NIDN Creators: 44113320022
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:57
Last Modified: 19 Aug 2022 05:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68072

Actions (login required)

View Item View Item