KOMUNIKASI STRATEGIS ASOSIASI KEPARIWISATAAN DALAM MEMBANGKITKAN INDUSTRI PARIWISATA DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Barat di Masa Pandemi Covid-19)

RAHARYU, SRI (2022) KOMUNIKASI STRATEGIS ASOSIASI KEPARIWISATAAN DALAM MEMBANGKITKAN INDUSTRI PARIWISATA DI KOTA BANDUNG (Studi Kasus Pada Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Barat di Masa Pandemi Covid-19). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (COVER)
55219120035-Sri Rahayu-01Cover - Ayu Sri Rahayu.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
55219120035-Sri Rahayu-02 Abstrak - Ayu Sri Rahayu.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB 1)
55219120035-Sri Rahayu-03 Bab 1 - Ayu Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (BAB 3)
55219120035-Sri Rahayu-05 Bab 3 - Ayu Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (BAB 4)
55219120035-Sri Rahayu-06 Bab 4 - Ayu Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5)
55219120035-Sri Rahayu-07 Bab 5 - Ayu Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
55219120035-Sri Rahayu-08 Daftar Pustaka - Ayu Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
55219120035- Sri Rahayu-09 Lampiran - Ayu Sri Rahayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (PERNYATAAN KEBASAHAN DAN PUBLIKASI)
pernyataan keabsahan & izin publikasi - Ayu Sri Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Industri pariwisata mengalami ketell_Jurukan akibat pandemi Covid-19. Tidak sedikit para pelaku paiiwisata yang meninggalkai1 peke1jaannya karena kondisi indushi partwisata yang tidak menentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetalmi komunikasi strategis Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Barnt dalam membangkitkan indushi paiiwisata di Kota Bandung pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teori yang digunakan adalah model komunikasi strategis yai1g dikemukakai1 oleh O'hair dan Gustav (2009). Model ini memiliki ethpatkotnponen dasai·, yaitu pengetalman situasi, penentuan tujuan, kompetensi komunikasi, dan mai1ajemen kecemasan. Hasil penelitian menunjukai1 bahwa komuuikasi strategis yang dilakukan oleh ASPPI lebih ke support dan edukasi, dimana para pelaku paiiwisata dibe1ikan ruang untuk meluapkan pennasalal-umnya dan pihak asosiasi bernpaya untuk membantu para pelaku pariwisata menyelesaikai1 pe1masalaha11 tersebut. Hambatan komunikasi yang te1jadi di ASPPI adalal1 komunikasi psikologis hambatan mekai1is, dan hainbatan laim1ya. Terdapat bebeberapa cai·a yang dilakuk:an oieb ASPPI untuk: mengatasi berbagai hambatan yang te1jadi. Pertaina, cara ASPPI mengatasi harnbatan psikologis yaih1 dengan cara mem.buat podcast, mengadakan pe1temuan rntin secara online, se1ta memberikan eduk:asi mengenai prograin pemerintah yang dapat membantu usaha para pelaku paiiwisata. Kedua, cam ASPPI untuk mengatasi hambatai1 mekanis adalah dengai1 cai·a membe1ikai1 pelatihan-pelatihai1mengenai digi.tal marketing, desain, cai·a membuat konten di media sosial, cai·a menggunakan aplikasi Zoom atau Google Meet, dan lain sebagainya. Ketiga, cara lain yang dilakukan oleh ASPPI untuk: mengatasi hainbatan yang te1jadi adalah dengan cara membanhl proses refund para pemilik usaha agen pe1jalanan kepada pihak maskapai, mengajukan relaksasi kredit para pelaku paiiwisata kepada pihak bank, serta membanhl pihak manajemen tempat wisata untuk mendapatkan se1tifikasi CHSE (Clean, Health, Safe, and Env;ronment). The tourism industry is experiencing a slump due to the Covid-19 pandemic. Many of tourism actors leave their jobs due to the unce1tain conditions of the tourism indushy. This research aims to detennine the strategic corm1mnication of the Association of Indonesian Tourism Actors (ASPPI) DPD West Java Province in revitalizing the tomism industry in Bandm1g City dming the Covid-19 pandemic. This research uses qualitative approach with case study method. The theoty used is a sti·ategic commm1ication model proposed by O'hair and Gustav (2009). This model has four basic components: situation knowledge goal setting, c01m11m1ication competence, and anxiety management. The results of the study show that the strategic commm1ication canied out by ASPPI is more about support and education, where tourism actors are given space to express their problems and the association helps to solve these problems. The results of the research show that the strategic conmmnication canied out by ASPPI is more about support and education, where tourism actors are given space to express their problems and the association seeks to help tomism actors solve these problems. Cmmnunication baniers that occur in ASPPI are psychological communication, mechanical baniers, and other obstacles. ASPPI has several ways to overcome the various obstacles that occur. First, ASPPI's way of overcoming psychological baiTiers is by creating podcasts, holding regular online meetings and providing education about government programs that can help the businesses of tourism actors. Second, ASPPI1s way to overcome mechailical obstacles is by providing ti·ainings on digital marketing, design, how to create content on social media, how to use the Zoom or Google Meet application, and so on. Third, ai1other way used by ASPPI to overcome the obstacles that occur is by assisting the process of refunding travel agent business owners to the airline applying for credit relaxation for tourism actors to the bank, ai1d assisting the management of tourist ath"actions to obtain CHSE certification (Clean, Health, Safe, and Environment).

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55219120035
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran dan Perusahaan;Organizational Communication, Tourism Communication, Assosiation Strategic Communication Model;Organizational Communication, Tourism Communication, Assosiation Strategic Communication Model
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 19 Aug 2022 03:46
Last Modified: 19 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/68043

Actions (login required)

View Item View Item