HUBUNGAN ANTARA PRESENTASI DIRI ONLINE DENGAN PERILAKU ADIKTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA WANITA MILENIAL DI BOGOR

CHAERANI, NIA SITI (2022) HUBUNGAN ANTARA PRESENTASI DIRI ONLINE DENGAN PERILAKU ADIKTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA WANITA MILENIAL DI BOGOR. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (COVER)
46118110013-Nia Siti Chaerani-01 Cover - nia chaerani.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
46118110013-Nia Siti Chaerani-02 Abstrak - nia chaerani.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 1)
46118110013-Nia Siti Chaerani-03 Bab 1 - nia chaerani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB 2)
46118110013-Nia Siti Chaerani-04 Bab 2 - nia chaerani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB 3)
46118110013-Nia Siti Chaerani-05 Bab 3 - nia chaerani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB 4)
46118110013-Nia Siti Chaerani-06 Bab 4 - nia chaerani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
46118110013-Nia Siti Chaerani-07 Bab 5 - nia chaerani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
46118110013-Nia Siti Chaerani-08 Daftar Pustaka - nia chaerani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
46118110013-Nia Siti Chaerani-09 Lampiran - nia chaerani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PERNYATAAN KEABSAHAN DAN PUBLIKASI)
46118110013-Nia Siti Chaerani-10 Hasil Scan Formulir Pernyataan Keabsahan dan Persetujuan Publikasi Tugas Akhir - nia chaerani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)

Abstract

Presentasi diri online merupakan penampilan diri seseorang dengan menggunakan foto, pembaruan status, dan postingan di beranda pada media sosialnya untuk menampilkan citra diri dengan aspek yang berbeda dari diri/self. Sedangkan adiksi media sosial adalah perilaku kecanduan jejaring sosial dengan didorong keinginan yang kuat untuk mengaksesnya secara berlebihan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa hubungan antara presentasi diri online dengan perilaku adiktif penggunaan media sosial pada wanita milenial di Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif pendekatan korelasional, Sumber data penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari hasil data kuesioner dan kajian pustaka. Populasi yang digunakan seluruh wanita milenial berdomisili di wilayah kabupaten Bogor dan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, terkumpul 215 orang responden. Skala yang digunakan untuk IV yaitu Self Presentation on Facebook Questioannaire (SPFBQ) oleh Michikyan et al. (2014). Sedangkan skala untuk DV adalah Bergen Social Media Addiction Scale (BSMAS) oleh Andreassen et al. (2016). Teknik analisa data dengan metode uji nonparametic menggunakan korelasi spearman karena data dari kedua variabel berdistribusi tidak normal. Untuk hasil penelitian uji korelasi tiap dimensi IV terhadap variabel DV diperoleh hasil bahwa ketiga dimensi presentasi diri online memiliki korelasi positif yang signifkan moderate terhadap variabel adiksi media sosial. Semakin sering wanita milenial melakukan real self- presentation maka semakin tinggi tingkat adiksi media sosialnya. Sedangkan jika wanita milenial semakin jarang melakukan false self presentation dan ideal self presentation di media sosialnya maka tingkat adiksi media sosialnya cenderung rendah. Online self-presentation is the appearance of one's self by using photos, status updates, and posts on the homepage on social media to present a self-image with a different aspect of the self. Social media addiction is a social network addiction behavior driven by a strong desire to access it excessively. This study was conducted to analyze the relationship between online self-presentation and the social media addiction. The research method used is a quantitative research with a correlational approach. The data source uses primary data derived from the results of questionnaire and literature review. The population used is all millennial women who live in the Bogor district with using a cluster random sampling technique and collected 215 respondents. The scale used for IV is Self Presentation on Facebook Questioannaire (SPFBQ) by Michikyan et al. (2014). The scale for DV is the Bergen Social Media Addiction Scale (BSMAS) by Andreassen et al. (2016). Data analysis technique with non-parametric test by Spearman correlation because the data from the two variables are not normally distributed. The results of the correlation test for each dimension of IV to the DV variable showed that all dimensions of online self-presentation had a moderately significant positive correlation with the social media addiction variable. The more often respondents do real self-presentation, the higher level of social media addiction and if respondents rarely do false self and ideal self presentations on their social media then the lower level of social media addiction Keywords: online self-presentation, social media, social media addiction.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46118110013
Uncontrolled Keywords: online self-presentation, social media, social media addiction.; persentasi diri online, media sosial, adiksi media sosial,
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Priyo Raharjo
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:10
Last Modified: 18 Aug 2022 07:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67949

Actions (login required)

View Item View Item