ANALISIS AERODINAMIK BODI MOBIL LISTRIL PROSOE KMHE 2019 MENGGUNAKAN CFD ANSYS Ver 17

HAIDAR, AHMAD DZULFIKAR (2019) ANALISIS AERODINAMIK BODI MOBIL LISTRIL PROSOE KMHE 2019 MENGGUNAKAN CFD ANSYS Ver 17. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (737kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
DAFTAR TABLE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (689kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (873kB)
[img]
Preview
Text
PENGHARGAAN.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Gaya angkat aerodinamika, gaya tahan mempunyai pengaruh yang berarti pada kendaraan baik ketika kecepatan sedang ataupun tinggi. Tingginya mobilitas saat ini yang mana memerlukan bahan bakar yang besar pula. Sehingga di perlukan penghematan bahan bakar salah satunya adalah dengan menerapkan ilmu aerodinamis se efektif mung. Seiring dengan terus berkembangkanya teknologi, banyak peneliti maupun enggineer pada industri otomotif berusaha menekan gaya coefficient of drag (Cd) seminimal mungkin, sehingga di dapatkan konsumsi bahan bakar seminim mungkin. Tujuan dari peneltian ini adalah mendapatkan nilai coefficient of drag yang sekecil mungkin di antara dua desain. Simulasi aerodinamika mobil dilakukan di dalam wind tunnel yang dilakukan melalui komputasi dengan menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD). Menggunakan metdoe turbulen k-epsilon relizable stradt wall function yang di tentukan berdasarkan validasi pada fenomena aliran streamline Bentuk streamline mobil berpengaruh terhadap tekanan dan kecepatan angin yang melalui mobil, sehingga perlu di perhatikan antara bentuk streamline suatu mobil dan frontal areanya. Pada mobil model pertama meliki distribusi tekanan yang lebih baik daripada tekanan pada model kedua. Pada mobil model pertama memiliki turbulensi lebih rendah pada bagian belakang sedangkan pada model kedua mempunyai turbulensi yang lebih tinggi dengan nilai Cd model pertama adalah 0,0036 sedangkan pada model kedua adalah 0,0068. Kata kunci: Aerodinamika, CFD, Coefficient of drag (Cd)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN 19 017
NIM/NIDN Creators: 41317320017
Uncontrolled Keywords: Aerodinamika, CFD, Coefficient of drag (Cd)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.3 Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:05
Last Modified: 15 Aug 2022 01:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67565

Actions (login required)

View Item View Item