SOSIALISASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET UNTUK ANAK UMUR 6-12 TAHUN

IQBAL, MUHAMMAD (2019) SOSIALISASI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET UNTUK ANAK UMUR 6-12 TAHUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal Yudisium.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini telah mengalami kemajuan. Terbukti dengan banyaknya pengguna gadget dengan berbagai merek dan tipe tersebar luas diseluruh wilayah Indonesia. Peningkatan penggunaan gadget ini bukan untuk orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Penggunaan gadget yang berlebihan pada anak-anak dan tanpa pengawasan dari orang tua bisa menimbulkan dampak negatif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sebagian besar anak menggunakan gadget hanya untuk bermain game atau sekedar menonton video, padahal gadget juga dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran bagi anak sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan. Warga Perumahan Pondok Indah Gempol merupakan salah satu perumahan yang terletak di desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Di perumahan tersebut mayoritas warga bekerja sebagai buruh pabrik di berbagai kawasan industri yang berada di Kabupaten Bekasi. Kesibukan mereka yang harus dituntut bekerja setiap hari bahkan sampai harus lembur, membuat kontrol mereka terhadap anak menjadi berkurang. Hal ini menyebabkan anak tersebut menjadi bebas dalam menggunakan gadget yang dimilikinya sehingga dampak negatif yang ditimbulkan oleh gadget tersebut dengan mudah menyerang dan dapat mempengaruhi kehidupan sehari hari anak tersebut. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu mengetahui pentingnya peran orang tua dalam membatasi penggunaan gadget pada anak, membantu orang tua memahami peranannya dalam mengawasi anak-anaknya. mengetahui dampak penggunaan gadget yang berlebihan. Orang tua memiliki peranan penting untuk menjaga anaknya dari pengaruh gadget, adapun cara yang bisa mereka lakukan yaitu dengan membatasi pemakain gadget kepada anak-anak, Mengontrol konten-konten yang ada dalam gadget, dan memberikan hukuman kepada anak-anak jika mereka menggunakan gadget untuk hal-hal yang negatif. Penggunaan gadget sebaiknya tidak diberikan pada anak di usia 6 - 12 tahun, karena saat usia tersebut anak lebih baik diarahkan kedalam kegiatan yang memiliki aktivitas di lingkungan masyarakat agar belajar untuk bersosialisasi. Kata kunci: Gadget, dampak positif, dampak negatif

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 19 171
NIM/NIDN Creators: 41515110071
Uncontrolled Keywords: Gadget, dampak positif, dampak negatif
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 335 Socialism and Related Systems/Sistem Ekonomi Sosialis
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Aug 2022 09:05
Last Modified: 29 Aug 2022 03:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67140

Actions (login required)

View Item View Item