RIFANDITYO, ABIMANYU (2020) ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE AEK DAN BKA (STUDI KASUS JALAN RAYA JONGGOL - CILEUNGSI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.
|
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
4. Abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Tabel.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Gambar.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text
9. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
||
Text
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
Abstract
Judul : ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DENGAN METODE AEK DAN BKA (STUDI KASUS JALAN RAYA JONGGOL – CILEUNGSI), Nama: Abimanyu Rifandityo, NIM: 41118310030, Dosen Pembimbing: Dr. Andri Irfan Rifai, ST, MT., 2020. Jalan Raya Jonggol-Cileungsi ini terhubung dengan Jalan Raya Serang-Cibarusa yang menyediakan akses ke Cikarang (Bekasi), Jalan Raya Dayeuh. Jalan Raya JonggolCileungsi yang memiliki panjang 15,8 km. Merupakan Jalan Provinsi yang menghubungkan Cikarang (Bekasi) dan jalur alternatif menuju Cianjur dan Puncak. Sepanjang jalan ini banyak terdapat perumahan dan pemukiman, pusat pendidikan, area komersial, tempat rekreasi, rumah sakit, pasar dan kawasan pabrik. Hal ini berpengaruh pada volume lalu lintas pada tersebut. Kondisi ini tidak diimbangi dengan sarana dan prasarana, serta transportasi publik yang memadai, sehingga dapat menyebabkan semakin bertambahnya volume lalu lintas dan memperbesar kejadian kecelakaan lalu lintas pada jalan tersebut. Lokasi penelitian di Jalan Raya Jonggol – Cileungsi. Tujuan penelitian untuk mengetahui penyebab kecelakaan lalu lintas dan memberi usulan penanganan kecelakaan pada ruas Jalan Ruas Jalan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Batas Kontrol Atas (BKA). Data kecelakaan lalu lintas bersumber dari Korlantas Polri dan Laka Lantas Polres Kabupaten Bogor dari tahun 2015 hingga tahun 2019. Data primer didapat dari hasil survey lapangan untuk upaya pencegahan dan penanganan kecelakaan. Hasil Analisa menyimpulkan Jalan Raya Jonggol – Cileungsi termasuk kategori rawan kecelakaan lalu lintas karena seluruh segmen jalan yang dianalisa, nilai AEK memiliki nilai lebih besar dari nilai BKA. Titik kecelakaan dengan nilai AEK tertinggi berada pada koordinat 106,9612857 s/d 107,0102845 yaitu tepatnya dari PT. ACSET hingga perumahan Citra Indah Jonggol, dengan nilai AEK sebesar 193 dan nilai BKA sebesar 57,24. Pada segmen ini, terjadi kecelakaan sebanyak 26 kejadian dengan total korban meninggal 11 orang, luka berat 7 orang dan luka ringan 8 orang, dengan kerugian material sebesar Rp 30.900.000,-. Tipe kecelakaan yang sering terjadi adalah tabrak Depan-Depan sebesar 48,57%, faktor penyebab kecelakaan yang sering terjadi adalah faktor pengemudi sebesar 81,43% dan waktu kejadian yang paling banyak terjadi adalah pagi hari dengan presentase 38,57%. Kata kunci : Kecelakaan Lalu Lintas, Karakteristik Kecelakaan , AEK, BKA http://digilib.mercubuana.ac.id/ v ABSTRACT Title: TRAFFIC ACCIDENT ANALYSIS WITH AEK AND BKA METHODS (CASE STUDY OF THE ROAD CROSS JONGGOL - CILEUNGSI), Name: Abimanyu Rifandityo, NIM: 41118310030, Advisor: Dr. Andri Irfan Rifai, ST, MT., 2020. The Jonggol-Cileungsi Highway is connected to the Serang-Cibarusa Highway which provides access to Cikarang (Bekasi), Dayeuh Highway. The Jonggol-Cileungsi Highway which has a length of 15.8 km. It is a Provincial Road that connects Cikarang (Bekasi) and alternative routes to Cianjur and Puncak. Along this road there are many housing and settlements, educational centers, commercial areas, recreation areas, hospitals, markets and factory areas. This has an effect on traffic volume on that. This condition is not balanced with adequate facilities and infrastructure, and public transportation, so that it can cause an increase in traffic volume and increase the incidence of traffic accidents on the road. The research location is on Jalan Jonggol - Cullinan. The purpose of this research is to find out the cause of traffic accidents and to propose accident handling on these roads. The method used is the Accident Equivalent Number (AEK) method and the Upper Control Limit (BKA). Traffic accident data were sourced from the National Police Traffic Corps and Laka Lantas Police of Bogor District from 2015 to 2019. Primary data were obtained from the results of field surveys for efforts to prevent and handle accidents. The analysis results concluded that the Jonggol - Cileungsi Highway is included in the category of traffic accident prone because all the road segments analyzed, the value of AEK has a value greater than the value of the BKA. The point of accident with the highest AEK value is at coordinates 106.9612857 to 107.0102845 which is precisely from PT. ACSET to Citra Indah Jonggol housing, with AEK value of 193 and BKA value of 57.24. In this segment, there were 26 accidents with a total of 11 people killed, 7 seriously injured and 8 slightly injured, with material losses of Rp 30,900,000. The types of accidents that often occur are Front-Front hit by 48.57%, the factors that cause accidents that often occur are the driver factor of 81.43% and the time of the most occurrence of events is the morning with a percentage of 38.57%. Keywords : Traffic Accidents, Accident Characteristics, AEK, BKA
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP 20 019 |
NIM/NIDN Creators: | 41118310030 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords : Traffic Accidents, Accident Characteristics, AEK, BKA |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:17 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 07:17 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67108 |
Actions (login required)
View Item |