PROSEDUR JUST IN TIME PADA PROSES PERSIAPAN PRODUKSI DI PT. Z

AZIZ, MOHAMAD (2007) PROSEDUR JUST IN TIME PADA PROSES PERSIAPAN PRODUKSI DI PT. Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
Tugas Akhir.rtf

Download (1MB)

Abstract

PT. Z adalah suatu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang pengemasan fleksibel, khususnya untuk kemasan bahan makanan, yang berorientasi pada pasar bebas, baik untuk pasar domestik maupun untuk pasar kawasan Asia Tenggara. Dalam rangka menghadapi persaingan pasar bebas tersebutlah, maka dalam usaha produksinya, PT. Z harus mampu mengembangkan konsep daya saing yang ada di dalam sistem produksinya, maupun terhadap produk yang dihasilkannya. Salah satu usaha untuk mengembangkan daya saing tersebut adalah dengan mengembangkan sistem prodoksi PT. Z kearah yang lebih baik lagi, yaitu dengan menerapkan suatu konsep manufaktur yang fleksibel, sehingga diharapkan pengembangan konsep manufaktur tersebut dapat meningkatkan efesiensi dan produktivitas kerja di PT. Z . Konsep Just In Time Manufakturing (JIT) adalah satu konsep manufaktur yang dikenal sangat flesibel terhadap sistem produksi pada suatu perusahaan manufaktur, karena konsep ini sangat memperhatikan pengembangan aspek – aspek utama dalam suatu sistem manufaktur, yaitu aspek biaya, aspek kualitas, aspek waktu dan aspek fleksibilitas sistem itu sendiri, yang memungkinkan suatu sistem manufaktur dapat ditingkatkan kemampuannya secara berkesinambungan. Oleh karenanya, penulis melakukan pendekatan dengan konsep JIT ini untuk mengkaji penerapannya pada tahap proses persiapan produksi di PT. Z. Tahap proses persiapan produksi adalah suatu tahapan penting yang akan menentukan jalannya tahapan proses selanjutnya dalam suatu industri manufaktur. Oleh karenanya, kelancaran proses persiapan produksi ini harus benar – benar dapat diwujudkan. Dengan konsep JIT, diharapkan sistem pengaturan kerja untuk tahap proses persiapan produksi dapat dikembangkan lebih fleksibel dan terpadu, sehingga peluang untuk terjadinya kesalahan pada setiap tahapan proses dapat ditekan sekecil mungkin.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 01600-013
Uncontrolled Keywords: PROSEDUR JUST IN TIME PADA PROSES PERSIAPAN PRODUKSI DI PT. Z
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 334 Cooperative/Koperasi, Sistem Perkoperasian
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 05 Aug 2022 06:55
Last Modified: 05 Aug 2022 06:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66900

Actions (login required)

View Item View Item