ANALISIS PENGARUH LUAS SPOILER BELAKANG PADA MOBIL LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI CFD (Computational Fluid Dynamic)

FEBRIANSYAH, DHONY (2019) ANALISIS PENGARUH LUAS SPOILER BELAKANG PADA MOBIL LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI CFD (Computational Fluid Dynamic). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3.SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)

Abstract

LMPV type car (Low Multi Purpose Vehicle) is a type of vehicle in demand by the general public in Indonesia. Aerodynamics in cars is a matter that must be considered in designing the body of the car in general, with the right aerodynamics it will produce many advantages including saving fuel usage, maximizing the work function of the engine which is a source of driving power on the car and will improve the aerodynamic style what happens to the car includes lift force (lift force), side force (side force), and drag (drag force). One part of the car that will affect the drag coefficient value and lift coefficient is a spoiler. The general spoiler is on the upper rear of the LMPV type car body, the spoiler on the car can also function to add to the beauty of the car, so it is not uncommon to make spoiler modifications for artistic reasons. The shape, size, and angle of the spoiler will affect the drag coefficient and lift coefficient. By analyzing the body design of the LMPV with the computational method with the shear stress transport model using Computational Fluid Dynamic (CFD) simulation on three spoilers with variations in sizes 100, 170, 270 mm using speeds of 80, 100, 130, 150, and 180 km /hour, the most effective spoiler results are obtained, namely 270 mm has a lift force coefficient (CL) -0.2262 and drag coefficient (CD) 0.4829. Keywords: LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), Aerodynamics, lift force, side force, drag force, spoiler, Computational Fluid Dynamic (CFD) Mobil berjenis LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) merupakan jenis kendaraan diminati oleh masyarakat umumnya di Indonesia. Aerodinamika pada mobil adalah hal yang wajib diperhatikan dalam mendesain bodi mobil pada umumnya, Dengan aerodinamika yang tepat maka akan menghasilkan banyak keuntungan-keuntungan diantaranya adalah hematnya penggunaan bahan bakar, memaksimalkan fungsi kerja mesin yang menjadi sumber daya dorong pada mobil dan akan meningkatkan gaya aerodinamika yang terjadi pada mobil meliputi gaya angkat (lift force), gaya samping (side force), dan gaya hambat (drag force). Salah satu bagian dari mobil yang akan mempengaruhi nilai koefisien hambat dan koefisien angkat adalah spoiler. Spoiler umum nya berada di bagian belakang atas dari bodi mobil berjenis LMPV, spoiler pada mobil juga dapat berfungsi untuk menambah keindahan mobil tersebut, sehingga tidak jarang yang melakukan modifikasi spoiler untuk alasan seni. Bentuk, ukuran, dan sudut pada spoiler akan mempengaruhi nilai koefisien hambat dan koefisien angkatnya. Dengan menganalisis desain bodi mobil LMPV dengan metode komputansi dengan model shear strees transports menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) terhadap tiga buah spoiler dengan variasi ukuran 100, 170, 270 mm dengan menggunakan kecepatan 80, 100, 130 , 150, dan 180 km/jam diperoleh hasil spoiler paling efektif yaitu ukuran 270 mm memiliki koefisien gaya angkat (CL) -0,2262 dan koefisien gaya hambat (CD) 0,4829. Kata Kunci: LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), Aerodinamika, lift force, side force, drag force, Spoiler, Computational Fluid Dynamic (CFD)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 19 134
NIM/NIDN Creators: 41313010055
Uncontrolled Keywords: LMPV (Low Multi Purpose Vehicle), Aerodinamika, lift force, side force, drag force, Spoiler, Computational Fluid Dynamic (CFD)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:51
Last Modified: 03 Aug 2022 02:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66674

Actions (login required)

View Item View Item