PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI PEGAWAI (Studi Kasus pada Karyawan PT Dian Swastatika Sentosa Serang)

SUKISNA, SUKISNA (2006) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI PEGAWAI (Studi Kasus pada Karyawan PT Dian Swastatika Sentosa Serang). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover-depan.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pengesahan)
0 - Lmbr.pengesahan,dftr isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
1. Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (Bab 2)
2. Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text (Bab 3)
3. Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (Bab 4)
4. Analisa dan pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (Bab 5)
5. Kesimpulan, saran dan dftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text (Lampiran)
6. lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Kata kunci : kepemimpinan, motivasi, manajemen sumber daya manusia Sebagai bagian dari perusahaan global, PT. Dian Swastatika Sentosa Serang dihadapkan pada kondisi pergantian pemimpin dan kadang pemimpin tersebut berasal dari asing. Masing-masing pemimpin mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda dan hal ini berpengaruh terhadap motivasi kerja yang ditunjukkan oleh pegawai. Tidak ada gaya kepemimpinan yang terbaik yang dapat diterapkan dalam semua kondisi. Gaya kepemimpinan yang tepat harus memperhatikan kesiapan pegawai dan budaya organisasi yang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh beberapa gaya kepemipinan terhadap peningkatan motivasi pegawai dan mencari gaya kepemiminan yang paling tepat untuk meningkatkan motivasi pegawai PT. Dian Swastatika Sentosa, Serang. Terdapat empat gaya kepemimpinan sebagai variabel bebas yang dianalisa dalam penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan partisipatif, gaya kepemimpinan supportiv, gaya kepemimpinan direktif dan gaya kepemimpinan orientasi prestasi. Populasi dari penelitian ini adalah pegawai dari semua unit PT. Dian Swastatika Sentosa, Serang yang berjumlah 281. Sampel diambil dengan metode simple random sampling sejumlah 100 responden. Analisa data yang dilakukan meliputi analisa diskriptif yang menggambarkan profile responden dan diskripsi jawaban responden terhadap msing – masing variabel penelitian. Kemudian dilakukan analisa regresi, korelasi dan determinasi serta pengujian penelitian dengan menggunakan statistika uji –t. Berdasarkan hasil analisa parsial, diketahui bahwa keempat gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh positif terhadap peningkatan motivasi pegawai. Namun, gaya kepemimpinan partisipatif dan gaya kepemimpinan orientasi prestasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi pegawai. Sedangkan gaya kepemimpinan direktif dan supportiv yang mempunyai signifikan terhadap motivasi pegawai. Berdasarkan analisa secara bersama – sama didapatkan persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,482 X1 + 0,887 X2 + 3,657 X3 + 0,594 X4. Dari persamaan tersebut, menginformasikan bahwa variabel X3 mempunyai nilai bobot yang paling besar atau Gaya Kepemimpinan Direktif merupakan variabel yang mempunyai pengaruh relatif paling kuat terhadap peningkatan motivasi pegawai dibandingkan dengan ketiga gaya kepemimpinan yang lainnya. Temuan ini memberikan implikasi manajerial bahwa gaya kepemimpinan direktif merupakan gaya kepemimpinan yang paling tepat untuk diterapkan dalam kepemimpinan di PT. Dian Swastatika Sentosa, Serang. Para pegawai membutuhkan pemimpin yang memberikan kepastian tentang standart dan prosedur kerja, memberikan arahan detail tentang aktivitas dan target yang harus dicapai.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-06-034
NIM/NIDN Creators: 1310201-085
Uncontrolled Keywords: MSDM, Manajemen Sumber Daya Manusia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:57
Last Modified: 28 Jul 2022 04:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66355

Actions (login required)

View Item View Item