Pengenalan Aplikasi KAHOOT Pada Murid SDN 02 Meruya Utara

FADILLA, ANDHIKA (2020) Pengenalan Aplikasi KAHOOT Pada Murid SDN 02 Meruya Utara. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
jurnal-Andhika Fadilla 41515010125.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)

Abstract

This study aims to measure the effectiveness of the use of assessment learning media based on online games which is Kahoot to improve student learning outcomes. This study uses a quantitative approach with the quasi experiment method. The number of samples in each group is 30 people. The results shows that Kahoot can be an alternative interactive learning media in higher education because it is proven to significantly improve student learning outcomes with F (1.58) = 0.001, p <0.05 that means there are defer- ences between control and experiment class which is mean of experiment class (SD = 13.33, SD = 3.30) is higher than control class (M = 10.50, SD = 2.81) Key words: Kahoot !, Instructional Media Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektifitas penggunaan media pembelajaran asesmen berbasis permainan daring yaitu Kahoot guna meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksper- imen. Jumlah sampel pada masing-masing kelompok yaitu 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kahoot dapat menjadi alternatif media pembelajaran interaktif di perguruan tinggi karena terbukti secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai F (1,58) =0.001, p<0.05 yang artinya terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana rata rata kelas eksperimen (M=13.33, SD=3.30) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (M=10.50, SD=2.81). Kata kunci: Kahoot!,Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 20 059
NIM/NIDN Creators: 41515010125
Uncontrolled Keywords: Kahoot!,Media Pembelajaran
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 28 Jul 2022 01:33
Last Modified: 28 Jul 2022 01:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/66307

Actions (login required)

View Item View Item