SATYAWAN, TRIANTO (2007) DISAIN DIES FORGING DENGAN METODE PRESS UNTUK PEMBUATAN FLANGE COMPANION MOBIL JENIS TUV (TRANSPORT UTILITY VEHICLE) MENGGUNAKAN SOFTWARE UNIGRAPHICS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
1. Laporan Tugas Akhir.doc Download (213kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. Daftar Isi.doc Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR TABEL)
9. Daftar Tabel dan Grafik.doc Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.doc Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.doc Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.doc Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.doc Restricted to Registered users only Download (696kB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.doc Restricted to Registered users only Download (33kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.doc Restricted to Registered users only Download (20kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
Program CNC untuk Finishing.doc Restricted to Registered users only Download (53kB) |
Abstract
Tugas Akhir ini membahas tentang “Disain Dies Forging dengan Metode Press untuk Pembuatan Flange Companion Mobil Jenis TUV (Transport Utility Vehicle) menggunakan Software Unigraphics”. Penggunaan fasilitas software Unigraphics ini akan dapat mempermudah proses disain benda kerja, yang kemudian dapat ditransfer langsung menuju mesin-mesin CNC tanpa harus membuat perintah lain untuk mengoperasikannya. Proses pembuatan Flange Companion ini adalah forging dengan metode press forging. Penggunaan metode ini hanya diperlukan ukuran raw material yang tepat, yang dapat dihitung dengan teliti sehingga benda yang dihasilkan bisa langsung masuk toleransi dari benda jadi. Pembuatan dies forging untuk flange companion mobil jenis TUV dengan ukuran standar rata-rata ini diperlukan mesin press dengan kapasitas 1000 ton dengan ukuran dies atas diameter 200,4 mm tebal 67 mm dan dies bawah diameter 200,4 mm tebal 115 mm. Efisiensi material pasa proses forging ini sebesar 73,91%.
Actions (login required)
View Item |