PERANCANGAN ILUSTRASI KEBUDAYAAN INDONESIA PADA PAPAN SKATEBOARD

PRIMADANA, RAMANDA (2017) PERANCANGAN ILUSTRASI KEBUDAYAAN INDONESIA PADA PAPAN SKATEBOARD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
1. HAL COVER.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
3. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB)
[img] Text
6. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text
8. HAL DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)

Abstract

PERANCANGAN ILUSTRASI KEBUDAYAAN INDONESIA PADA PAPAN SKATEBOARD Oleh : RamandaPrimadana ABSTRAK Pemanfaatan kebudayaan Indonesia sebagai ilustrasi dalam perancangan papan Skateboard bertujuan untuk membuat dan memvisualisasikan desain ilustrasi kebudayaan Indonesia dengan teknik digital painting pada papan skateboard yang sesuai, menarik, dan atraktif sebagai citra dan media promosi Skateboard. Perancangan desain ilustrasi papan skateboard ini dilakukan melalui tahapan proses karya seni mulai dari pengumpulan data sampai tahap produksi. Data yang diperlukan yaitu gambar dari icon kebudayaan Indonesia yang dipandang mewakili untuk ilustrasi dan kesukaaan dari para pengguna papan skateboard atau Skateboarder. Data diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Pada tahapan proses penciptaan dilakukan melalui tahapan sketch, penataan layout , dan visualisasi dengan teknik manual dan Digital. Hasil perancangan ini menghasilkan visualisasi yang berasal dari icon kebudayaan Indonesia. Data tersebut diaplikasikan pada papan skateboard yang ditampilkan dengan gaya art nouveau yang memfokuskan pada wajah dari icon kebudayaan Indonesia. Target kelompok utama yaitu penggemar permainan skateboard dengan rentang usia 9-30 tahun. Ciri khas desain diperkuat dengan penggunaan warna-warna berani dan elegan. Karya ilustrasi menggunakan 5 icon dari kebudayaan Indonesia yaitu Ondel-Ondel, Angklung, Candi Borobudur, Wayang Cepot, Barong, yang diaplikasikan ke dalam 5 buah papan skateboard berukuran 7.5 dan 8 inch. Kata Kunci : Icon kebudayaan, Ilustrasi papan Skateboard DESIGN OF CULTURE ILLUSTRATION IN SKATEBOARD BOARD By : Ramanda Primadana ABSTRACT The use of Indonesian culture as an illustration in the design of Skateboard board aims to create and visualize the design of Indonesian cultural illustrations with digital painting techniques on skateboards that are appropriate, attractive, and attractive as Skateboard image and promotion media. The design of this skateboard board illustration is done through the stages of the artwork process from data collection to production stage. The required data is an image of the Indonesian cultural icon that is seen to represent for illustration and likes from users of skateboards or skateboarders. Data obtained through documentation and interviews. At the stage of the creation process is done through the stages of sketch, layout arrangement, and visualization with manual and Digital techniques. The results of this design generate visualization that comes from the icon of Indonesian culture. The data is applied on skateboard boards that are displayed with art nouveau style that focuses on the face of the Indonesian cultural icon. The main target group is skateboarding game fans with an age range of 9-30 years. The hallmark of the design is reinforced by the use of bold and elegant colors. The work of illustration uses 5 icons of Indonesian culture, Ondel-Ondel, Angklung, Borobudur Temple, Wayang Cepot, Barong, which is applied to 5 skateboard board sized 7.5 and 8 inch. Keywords: Cultural Icon, Illustration Skateboard Board

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DP 17 016
NIM/NIDN Creators: 41913210027
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Icon kebudayaan, Ilustrasi papan Skateboard
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Produk
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:46
Last Modified: 11 Jul 2022 02:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/64880

Actions (login required)

View Item View Item