RISDIYANTO, RISDIYANTO (2016) RANCANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PROSES LAYANAN PERBAIKAN PURNA-JUAL PADA PERUSAHAAN ELEKTRONIK DI JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text (BAB II)
4. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) |
||
Text (BAB III)
5. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) |
||
Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
||
Text (BAB V)
7. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
||
Text (BAB VI)
8. Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
Abstract
Pelanggan peralatan elektronik membutuhkan layanan perbaikan purna jual yang baik dan cepat dalam penyelesaian complaint, tetapi tidak semua perusahaan dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggannya. Keterlambatan penyelesaian claim pada perusahaan elektronik di Jakarta ini ditunjukan adanya pengembalian produk pada pelanggan sering melebihi dari batas waktu yang telah disepakati. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang dapat mempercepat waktu proses layanan perbaikan pada unit layanan purna jual, agar perusahaan dapat menyelesaikan complaint secara tepat waktu. Aplikasi CRM adalah perangkat lunak yang membantu pelaksanaan konsep CRM secara komputerisasi dan aplikasi ini dirancang dengan menggunakan sentral database yang memungkinkan setiap departemen dapat mengakses data secara bersamaan dan saling berbagi informasi sesuai kebutuhan dari sejak awal proses sampai dengan akhir proses layanan perbaikan purna-jual. Hasil dari implementasi aplikasi CRM menunjukan adanya peningkatan kecepatan waktu proses layanan perbaikan purna jual dari kondisi sebelumnya dan secara keseluruhan proses layanan perbaikan dapat berlangsung menjadi lebih cepat, sehingga produk hasil perbaikan dapat dikembalikan ke pelanggan sebelum batas waktu yang telah ditentukan.
Actions (login required)
View Item |