RANCANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PROSES LAYANAN PERBAIKAN PURNA-JUAL PADA PERUSAHAAN ELEKTRONIK DI JAKARTA

RISDIYANTO, RISDIYANTO (2016) RANCANGAN APLIKASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) UNTUK MEMPERCEPAT WAKTU PROSES LAYANAN PERBAIKAN PURNA-JUAL PADA PERUSAHAAN ELEKTRONIK DI JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (BAB VI)
8. Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)

Abstract

Pelanggan peralatan elektronik membutuhkan layanan perbaikan purna jual yang baik dan cepat dalam penyelesaian complaint, tetapi tidak semua perusahaan dapat memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggannya. Keterlambatan penyelesaian claim pada perusahaan elektronik di Jakarta ini ditunjukan adanya pengembalian produk pada pelanggan sering melebihi dari batas waktu yang telah disepakati. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang dapat mempercepat waktu proses layanan perbaikan pada unit layanan purna jual, agar perusahaan dapat menyelesaikan complaint secara tepat waktu. Aplikasi CRM adalah perangkat lunak yang membantu pelaksanaan konsep CRM secara komputerisasi dan aplikasi ini dirancang dengan menggunakan sentral database yang memungkinkan setiap departemen dapat mengakses data secara bersamaan dan saling berbagi informasi sesuai kebutuhan dari sejak awal proses sampai dengan akhir proses layanan perbaikan purna-jual. Hasil dari implementasi aplikasi CRM menunjukan adanya peningkatan kecepatan waktu proses layanan perbaikan purna jual dari kondisi sebelumnya dan secara keseluruhan proses layanan perbaikan dapat berlangsung menjadi lebih cepat, sehingga produk hasil perbaikan dapat dikembalikan ke pelanggan sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/553. 16 017
Call Number: TI/53/16/013
NIM/NIDN Creators: 55313120018
Uncontrolled Keywords: CRM, Layanan Perbaikan Purna-Jual, Aplikasi CRM
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 600. Technology/Teknologi > 604 Technical Drawing/Menggambar Teknik, Hazardous Materials Technology/Teknologi Bahan Berbahaya, groups of people/Kelompok Masyarakat > 604.2 Technical Drawing/Menggambar Teknik > 604.24 Specific Drafting Procedures and Conventions/Prosedur dan Konvensi Perancangan Spesifik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Apr 2016 11:25
Last Modified: 31 May 2024 06:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/6480

Actions (login required)

View Item View Item