PERENCANAAN PENINGKATAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI (STUDI KASUS PERGURUAN TINGGI SWASTA KOPERTIS WILAYAH 3 JAKARTA)

SETIOWATI, RINI (2016) PERENCANAAN PENINGKATAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENDIDIKAN FAKULTAS TEKNIK INDUSTRI (STUDI KASUS PERGURUAN TINGGI SWASTA KOPERTIS WILAYAH 3 JAKARTA). S2 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER PENGESAHAN PENGANTAR DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRACT.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (BAB VI)
08 BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
09 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

“Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ini merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Indonesia berdasarkan DIKTI Tahun 2015 PTS mendapat peringkat 125 dari 3320 Perguruan tinggi swasta di Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui faktor penyebab dari mahasiswa tidak puas terhadap pelayanan yang di terima dengan menggunakan metode Servqual di Fakultas Teknik Industri, (2) Menentukan upaya evaluasi perbaikan kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa dengan menggunakan metode Importance- Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Development (QFD) sebagai acuan penentuan prioritas tindakan perbaikan yang akan di lakukan oleh Universitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode Servqual maka dapat diketahui bahwa tingkat kesenjangan (gap) antara kepuasan dan harapan mahasiswa terhadap kualitas jasa pendidikan saat ini di Fakultas Teknik Industri (FTI) Perguruan Tinggi Swasta (PTS) relative masih tinggi. Hal ini dapat dilihat dari semua indicator atau atribut layanan memiliki nilai negatif, yang berarti bahwa layanan jasa pendidikan yang diberikan oleh FTI PTS saat ini belum sesuai dengan harapan mahasiswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) maka dapat diketahui bahwa tingkat kinerja FTI PTS dan tingkat kepentingan mahasiswa saat ini cukup baik dan sangat tinggi. Hal ini terlihat dari cukup banyaknya atribut yang masuk pada kuadran II, yaitu sebanyak 23 atribut dari 37 atribut yang merupakan jumlah keseluruhan. Tingkat kinerja FTI PTS juga dapat dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa sementara tingkat kepentingan mahasiswa terlihat dari tingkat harapan mahasiswa. Berdasarkan hasil pengukuran terlihat bahwa rata-rata secara “Memuaskan” dengan nilai sebesar 78.38% sedangkan rata-rata secara keseluruhan tingkat harapan mahasiswa FTI PTS berada pada kategori “sangat Penting” dengan nilai sebesar 78.38 %. Hasil temuan utama maka dapat dilakukan upaya-upaya perbaikan. Kualitas jasa pendidikan untuk memenuhi kepuasan mahasiswa FTI PTS dengan konsep Quality Function Deployment (QFD). Berikut usulan perbaikan berdasarkan prioritas utama secara urutan, yaitu : (1) Penggunaan internet menjadi ada, (2) Penginputan nilai mata kuliah ≤ 2 minggu setelah berakhirnya ujian, (3) Kemampuan staf menanggapi keluhan mahhasiswa secara cepat, (4) Dukungan Sistem Informasi Akademik (SIA), (5) Kemampuan staf menyelesaikan complain paling lambat 3 hari, (6) Ketersediaan area parkir yang luas, (7) Kemampuan security mengatur kendaraan di area parkir, (8) Ketersediaan area kantin yang memadai, dan (9) Ketersediaan tempat foto copy. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Quality Function Development (QFD)

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/553. 16 019
Call Number: TI/53/16/018
NIM/NIDN Creators: 55314110039
Uncontrolled Keywords: Service Quality, Quality Function Development (QFD)
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 307 Communities/Komunitas > 307.1 Planning and Development/Perencanaan dan Pengembangan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 750 Painting and Paintings/Seni Lukis dan Lukisan > 758 Other Subjects/Subjel Lainnya > 758.6 Industrial and Technical Subjects/Subjek Industri dan Teknik
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Sep 2016 16:39
Last Modified: 31 May 2024 07:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/6415

Actions (login required)

View Item View Item