PENERAPAN MARKETPLACE PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN OLAHRAGA BERBAGAI CABANG OLAHRAGA BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGILE

RAHMAN, M. IJUR (2020) PENERAPAN MARKETPLACE PADA PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN LAPANGAN OLAHRAGA BERBAGAI CABANG OLAHRAGA BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGILE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB 3)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB 4)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text (BAB 5)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 6)
07 BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Competition in sports field leasing is quite rapid these days, making sports field managers improve facilities and provide competitive prices to attract sports field tenants. However, this progress was not accompanied by advances in technology so that the sports field manager still had to do the manual method for field operations and promotion. On the side of the tenants of the sports field also still have to go to the sports field to find out the availability of schedules, facilities and prices offered. In addition, there are many tenants who have an interest in exercising more than one sport, therefore we try to use the concept of a marketplace that brings together sports field providers with field tenants into one container so that tenants can see all information on sports fields that have been registered in the system in real-time and the manager of the sports field can promote and can help manage field operations. In the application development process, it is done by using the agile method application development method. This application implementation uses the Laravel framework, and uses the PHP programming language, and uses the MySQL System Management Database. Based on the results that have been applied it can be concluded that it is easy to find a sports field in accordance with the wishes of the tenant by selecting the category of the type of field, the price and the nearest location and the manager of the sports field can promote their sport fields.. Keywords: Marketplace, Laravel, Agile, Rental Persaingan dalam penyewaan lapangan olahraga yang cukup pesat dewasa ini, membuat pengelola lapangan olahraga meningkatkan fasilitas dan memberikan harga yang bersaing untuk menarik penyewa lapangan olahraga. Namun, kemajuan tersebut tidak diiringi dengan kemajuan dari sisi teknologi sehingga pengelola lapangan olahraga masih harus melakukan cara manual untuk operasional dan promosi lapangan. Di sisi penyewa lapangan olahraga juga masih harus mendatangi lapangan olahraga untuk mengetahui ketersediaan jadwal, fasilitas dan harga yang ditawarkan. Selain itu banyak penyewa yang mempunyai ketertarikan dalam berolahraga lebih dari satu cabang olahraga, maka dari itu kami mencoba menggunakan konsep marketplace yang mempertemukan antara penyedia lapangan olahraga dengan penyewa lapangan ke dalam satu wadah sehingga penyewa dapat melihat semua informasi pada lapangan olahraga yang telah terdaftar di sistem secara real-time dan pengelola lapangan olahraga dapat mempromosikan serta dapat membantu pengelolaan operasional lapangan. Dalam proses pembangunan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi agile method. Implementasi aplikasi ini menggunakan framework Laravel, dan menggunakan bahasa pemrograman PHP, serta menggunakan Database Manajemen Sistem MySQL. Berdasarkan hasil yang telah diterapkan dapat disimpulkan mudahnya mencari lapangan olahraga sesuai dengan keinginan penyewa dengan memilih kategori jenis lapangan, harga dan lokasi terdekat dan pengelola lapangan olahraga dapat mempromosikan lapangan olahraganya. Kata kunci: Marketplace, Laravel, Agile, Penyewaan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 19 106
NIM/NIDN Creators: 41816110082
Uncontrolled Keywords: Marketplace, Laravel, Agile, Penyewaan
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.67 Wide Area Network (WAN)/Wide Area Network
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.752 Blogs/Blog, Web Blog
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:00
Last Modified: 22 Jun 2022 07:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63835

Actions (login required)

View Item View Item