PEMASARAN POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PILKADA SURABAYA 2015 (Studi Kasus Pemenangan Pasangan Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana)

SIDHARTA, VERANUS (2017) PEMASARAN POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN PADA PILKADA SURABAYA 2015 (Studi Kasus Pemenangan Pasangan Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta - Menteng.

[img] Text (Cover)
COVER Veranus.pdf

Download (818kB)
[img] Text (Bab 1)
Veranus BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text (Bab 2)
Veranus BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (Bab 3)
Veranus BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (Bab 4)
Veranus BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (Bab 5)
Veranus BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pilkada Surabaya yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015, untuk memilih Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota periode 2015 – 2020, yang diikuti oleh dua pasangan calon yaitu pasangan calon no urut 1 (Rasiyo – Lucy) dan pasangan calon no urut 2 (Risma – Whisnu). Dimana pada Pilkada tersebut pasangan Risma – Whisnu menang telak atas pasangan Rasiyo Lucy dengan perolehan suara sah 86, 34%. Kemenangan Pasangan Risma Whisnu menarik untuk dikaji, oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh partai PDI-P dan tim sukses pemenangan pasangan Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana pada Pilkada Kota Surabaya 2015. Pendekatan metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisisa model interaktif dari Huberman dan Miles. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan berjumlah 3 orang dari tim pemenangan Risma-Whisnu. Dalam pelaksanaan Pilkada tersebut partai pengusung dan tim sukses menggunakan marketing politik disebut dengan bauran marketing atau Marketing mix 4P yang mencakup empat elemen yakni, product, price, place, promotion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh partai PDI-P dan tim sukses adalah dengan menurunkan langsung kandidatnya yakni Risma-Whisnu untuk berkampanye secara langsung mendatangi warga melakukan komunikasi dua arah dan menyerap aspirasi masyarakat.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-17-084
NIM/NIDN Creators: 55215120028
Uncontrolled Keywords: Political Communication, KOMPOL
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: RIA SYAFITRI
Date Deposited: 22 Jun 2022 03:12
Last Modified: 22 Jun 2022 03:12
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63828

Actions (login required)

View Item View Item