KEMASAN PESAN POLITIK DALAM VISI MISI PASANGAN CALON PERSEORANGAN PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN GARUT TAHUN 2013

LAILA, INNA NASYIATA (2015) KEMASAN PESAN POLITIK DALAM VISI MISI PASANGAN CALON PERSEORANGAN PADA PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KABUPATEN GARUT TAHUN 2013. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DP DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

The election of regent of Garut in 2013 was followed by four of independent of candidates. All of participant on election was made packaging of their political message in vision and mission. As we know, all of candidates must have vission and mission to make complete their administration provision as election participant. The goal of this research is to reveal the meaning,explain and analyze shape and pattern of packaging of political message from Vision and Mission‟s independent candidate. Vission and Mission will be analysis with discourse analysis of Fairclough Model‟s, that‟s on a teks analysis, dicourse practice and sosiocultural practice. Specificly for teks analysis use framing anaysis of Gamson and Modigliani Model‟s. The result of research was show that each of independent candidates has a style and mode to package their political message themselve. There were similarities and differences. There are differences in shape, pattern and the meaning of discourse of each independent candidates. The conclussion of the result of the research that the packaging of political message in formof vision and mission yet to be crcial for pairs of independent candidates in the election of regent of Garut in 2013. It can be seen from the way of pacakging a political message which is done in the usual way uninteresting, not unique when compared with other participants. The result of voting also indicate the acquisition of each pair of independent candidates in the election of regent of Garut in 2013gaining just average by 5%. Key word: packaging, political message, vision and misssion, independent candidate Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Garut tahun 2013 diikuti oleh empat orang pasangan calon perseorangan. Sebagai peserta dalam pemilihan umum kepala daerah, pasangan calon perseorangan mengemas pesan politiknya salah satunya dalam bentuk visi dan misi. Visi misi pasangan calon merupakan salah satu persayaratan administratif bagi pasangan calon yang dinyatakan lolos sebagai kandidat dalam pemilihan umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap makna, menjelaskan dan mengurai bentuk serta pola kemasan pesan politik dari visi misi pasangan calon perseorangan. Visi dan misi pasangan calon perseorangan dalam pemilihan umum kepala daerah tahun 2013 dianalisis dengan menggunakan analisis wacana model Fairclough dimana analisis dibagi dalam tiga bagian yaitu analisis mikro (teks analysis), analisis meso (discourse practice) dan analisis makro (sosiocultural practice). Untuk menganalisis teks (analisis mikro) digunakan analisis teks framing model Gamson dan Modigliani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing pasangan calon mempunyai gaya dan cara pengemasan pesan yang berbeda satu dan yang lainnya. Terah terdapat persamaan dan perbedaan bentuk dan pola kemasan yang berbeda dari masing-masing pasangan calon, demikian pula dengan makna dari wacana yang mereka usung. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengemasan pesan politik dalam bentuk visi misi belum dianggap penting oleh pasangan calon perseorangan yang mengikuti pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Garut tahun 2013. Hal ini terlihat dari cara pengemasan pesan yang dilakukan oleh masing-masing pasangan calon yang dilakukan dengan cara yang biasa, tidak menarik, tidak memperlihatkan keunikan pesan pasangan calon bila dibanding dengan pesan dari calon yang lain. Hasil perolehan suara pada pemilihan umum menujukkan bahwa empat pasangan calon perseorangan yang mengikuti pilkada Kabupaten Garut tahun 2013 hanya memperoleh suara rata-rata sebanyak 5%. Kata kunci: Kemasan Pesan Politik, Visi dan Misi, Calon Perseorangan

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-018
NIM/NIDN Creators: 55211110111
Uncontrolled Keywords: packaging, political message, vision and misssion, independent candidate, Kemasan Pesan Politik, Visi dan Misi, Calon Perseorangan, KOMPOL, komunikasi politik
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:34
Last Modified: 23 Jun 2022 04:04
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63374

Actions (login required)

View Item View Item