STRATEGI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN PUBLIC AWARENESS PROGRAM THE NEW EAT BULAGA INDONESIA DI ANTV

UTOMO, QUARTANTYO YOGA (2016) STRATEGI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN PUBLIC AWARENESS PROGRAM THE NEW EAT BULAGA INDONESIA DI ANTV. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (974kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAKSI 2.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)

Abstract

Pada era web 2.0, penggunaan internet berkembang pesat dibandingkan web 1.0. Hal ini dibarengi dengan kemajuan teknologi komunikasi seperti seperangkat yang mendukung untuk mengakses social media. Sehingga pengguna social media merasa dapat melakukan aktivitas sosial tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Perubahan ini mempunyai pengaruh yang signifikan bagi pemirsa televisi dan cara televisi tersebut dalam mempromosikan programnya. Tren terbaru adalah adanya kebiasaan yang disebut dual screen, yaitu orang yang menggunakan internet dan menonton televisi disaat yang bersamaan. Sehingga pengguna social media merasa dapat melakukan aktivitas sosial tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Temuan ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai bidang disiplin ilmu, salah satunya adalah pemasaran. Oleh karena itu, munculah bidang disiplin ilmu baru yaitu social media marketing. Pengguna social media, dari mulai individu, UKM, sampai ke perusahaan-perusahaan besar menerapkan pemasaran melalui social media. Salah satu stasiun TV, ANTV, juga menerapkan social media marketing pada strategi komunikasi pemasaran programnya yaitu The New Eat Bulaga Indonesia. Penerapan social media marketing ini digunakan ANTV dengan harapan meningkatkan rating dan share program, juga meningkatkan awareness pemirsa terhadap program tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan evaluasi proses sebuah studi kasus. Penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing merupakan sarana komunikasi pemasaran yang cukup efektif khususnya dalam mencapai objectives yang telah ditentukan ANTV. Hal ini berhubungan dengan teori New Wave Marketing beserta elemen-elemen social media marketing. Kata Kunci: social media, social marketing, social media marketing, new wave marketing, ANTV, @whatsonANTV In web 2.0 era, Internet usage activity improving from web 1.0. This improvement is changing the way of internet user to communicate, from one to many become many to many communication. This change have a significant impact for internet users and software developer. And finally social media is born. This improvement is following by technology of communication which is commnication device can be use for social media. There is no limitation to communicate using social media. Social media can be use for any dicipline science, one of them is marketing science. From that, social media marketing is born as new dicipline science. Social media users doing a marketing using social media marketing, starts from individual to big company. One of the company, ANTV, also doing a social media marketing as its marketing communication strategy. As a TV station, ANTV use other social media integrated as one of their strategy to face the increasing number of competitors in TV Stations, with so, ANTV could survive as a market leader. The study was conducted with qualitative methods using a case study evaluation process. Research shows that social media marketing is an effective tools to reach the objectives that has been determined by ANTV. This is related to the theory of the New Wave Marketing and also the elements of social media marketing. Keywords: social media, social marketing, social media marketing, new wave marketing, ANTV, @whatsonANTV

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-16-006
NIM/NIDN Creators: 55210120016
Uncontrolled Keywords: social media, social marketing, social media marketing, new wave marketing, ANTV, @whatsonANTV, social media, social marketing, social media marketing, new wave marketing, ANTV, @whatsonANTV, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:40
Last Modified: 25 Jun 2022 03:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63271

Actions (login required)

View Item View Item