MUNADI, MUNADI (2007) EVALUASI KINERJA PEMASARAN PT XXX, JAKARTA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
01 COVER MUKA TESIS LUAR.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
03 ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract)
04 ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pernyataan)
05 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
06 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
07 KATA PENGANTAR.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
08 DAFTAR ISI.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Tabel)
09 DAFTAR TABEL.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Gambar)
10 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
06 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text (Bab 1-5)
11 BAB GABUNGAN 12345.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
||
Text (Lampiran)
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (546kB) |
Abstract
Perkembangan bisnis penerbangan belakangan ini di pasar Domestik , Regional maupun International terus tumbuh seiring dengan perkembangan dan permintaan dari para konsumennya. Untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi maka para operator akan berusaha menerbangkan pesawatnya dengan sebanyak mungkin tetapi harus tetap memperhatikan perawatan pesawatnya selalu dalam kondisi laik terbang. Untuk menjamin keselamatan operasional penerbangan , tentunya masing-masing operator penerbangan harus mengikuti dan menerapkan peraturan dari Pabrik Pembuat Pesawat Terbang dan Badan Otorisasi Keselamatan Penerbangan Pemerintah terkait. Perawatan pesawat harus dilakukan oleh perusahaan perawatan pesawat yang memenuhi persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Beberapa operator sudah memiliki pusat perawatan pesawat sendiri namun beberapa operator lainnya tidak memiliki perawatan pesawat yang memenuhi persyaratan. Untuk memenuhi kebutuhan perawatan pesawat tersebut, maka muncul beberapa Bengkel Pusat Perawatan Pesawat Terbang dan dalam dunia penerbangan lazim disebut sebagai MRO (Maintenance Repair Organization) dan jumlahnya cukup banyak baik yang berkapasitas kecil , menengah hingga besar. PT XXX yang berlokasi di area Bandar Udara Soekarno Hatta International Jakarta merupakan salah satu bengkel pusat perawatan yang berkapasitas besar dan sudah memiliki pengakuan standard kualitas dari Pemerintah Indonesia (Indonesian Directorate General Civil Aviation / DGCA) , Pemerintah Amerika (Federal Aviation Authorization / FAA ) dan Pemerintah Negara-negara Eropa (European Aviation Saf ety Agency / EASA) Bengkel perawatan pesawat semacam ini sudah banyak beroperasi di wilayah Asia ini , maka persaingan tentunya sangat ketat dan masing-masing saling memberikan nilai tambah bagi para pelanggannya. Persaingan dipasar yang sangat ketat ini tentunya harus disikapi dengan strategi- strategi yang sangat effektif sehingga unggul dalam persaingan . PT XXX dalam usahanya memenangkan persaingan dan memperoleh pendapatan yang memadai tentunya sudah memiliki Strategi Pemasaran , namun PT. XXX ditahun 2006 tidak bisa mencapai target penjualan yang telah ditentukan. Setelah dievaluasi dan ditemukan bahwa perusahaan ini belum memiliki cara mengukur dan mengontrol kinerja pemasaran secara efektif dan sebagai solusi untuk meningkatkan kinerja pemasaran maka penerapan metode Balanced Scorecard perlu dilakukan. Kata Kunci : Pemasaran dan Balanced Scorecard Airline Business currently is growing rapidly in the domestic , regional and international as well and it is related to the customer’s demand. The Airlines will operates their aircraft as much flight revenue as they can but they have to maintain the aircraft in a good quality of safety. In order to ensure the flight safety, each operator must fulfill any of aircraft manufacturer requirements, Governmental Regulatory and Aircraft Maintenance Practices. To keep maintain the aircraft safe, they have to perform a maintenance of the aircraft in the maintenance facility. Some of the Airline Operators have their own aircraft maintenance facility but some other airline operators do not have the maintenance facility. Related to this demand several Maintenance Repair Organization (MRO) are developed from small, medium and big facility size and capacity. PT.XXX is located in the area of Soekarno Hatta International Airport , it is one of the MRO which has big facility and capacity . This facility has approval from Indonesian Directorate General Civil Aviation (DGCA) , United States Federal Aviation Authorization (FAA) and European Aviation Safety Agency (EASA) . Many of the MRO have been operated in this Asia region, so competition is very tough and every MRO shall improve their own strategy to implement more services as added value for their customer. Each MRO shall have their effective and smart strategy to win the competition but PT.XXX as an independent company since 2003 has enough experiences to run the business but in 2006 this MRO has a problem to reach sales target. After they evaluated the main problem , the found one of the main cause that this company has a less performance method to measure and control of their marketing. As an alternative solution to improve their marketing performance, the Balanced Scorecard can be implemented. Key word : Marketing & Balanced Scorecard
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-07-013 |
NIM/NIDN Creators: | 5510412-045 |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran dan Balanced Scorecard, Marketing & Balanced Scorecard, mps, manajemen pemasaran |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | ORYZA LUVITA |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 03:25 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:54 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63205 |
Actions (login required)
View Item |