EVENT SEBAGAI SALAH SATU BENTUK STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FASHION NASIONAL ( Studi Kasus Event Tahunan Jakcloth)

RAHMAH, ADE (2015) EVENT SEBAGAI SALAH SATU BENTUK STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK FASHION NASIONAL ( Studi Kasus Event Tahunan Jakcloth). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (Cover)
LEMBAR COVER TESIS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)

Abstract

Jakarta Clothing sebuah event yang mengumpulkan berbagai distribution store dari seluruh Indonesia. Konsep utama Jakarta Clothing atau Jakcloth adalah berupa bazar produk clothing yang berasal dari seluruh Indonesia. Konsep bazar di padu padankan dengan berbagai kegiatan yang disukai kawula muda pada umumnya. Jakcloth menampilkan pertunjukan musik dari berbagai band-band ternama baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Segmentasi Jakcloth dimulai dari pelajar SMP, SMA, mahasiswa, dan umum. Keberadaan jasa perlu dikomunikasikan dengan pelanggan, karena tanpa adanya komunikasi yang bermuatan bisnis kemungkinan akan adanya penolakan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Kotler dalam Rangkuti (2000:18) mendefinisikan bahwa pemasaran merupakan suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi serta distribusi sejumlah barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi”. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Mitra Promosindo dalam membuat strategi event Jakcloth Mipro menggunakan bagian penting strategi komunikasi pemasaran, Word Of Mouth. Event dipilih sebagai strategi komunikasi pemasaran produk fashion lokal berbasis clothing ini adalah menyesuaikan dengan karakteristik jiwa muda yang menjadi sasaran utama dari penjualan produk clothing distro ini. Mereka, anak-anak muda adalah orang-orang yang energik, suka dengan musik dan menyukai tantangan, maka event ini dikemas sesuai dengan karakteristik jiwa muda. Kata-kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Event. Jakarta Clothing is an event which is providing all kinds of distribution store from Indonesia. The concept of market are combined with many activities those are interested for young people. Jakcloth presents live music performances from many kinds of fabulous bands from Indonesia and also other countries. The segmentations of Jakcloth started from Junior High School, Senior high School students, college students, and others. Since without communication belongs to business, there will maybe such a rejection to the service or products offered. Marketing is one of important activity in the corporate world. Kotler in Rangkuti (2000:18) defines that marketing is a planning process and applying the concept, price, promotion and also distribution process of a number of products and services to create the exchanging that can satisty the purpose of individual and organization. The Result of this study explains that Mipro in making stragy for Jakcloth event involves communication strategy word of mouth. The event was chosen as a marketing communication strategy for national product based on clothing, this adjust with the young people character that is being the main target from distro clothing product sale. The young people, are energic people, love musics and challenges. So then this event is manage appropriate with the characteristic of young people. Keyword: Marketing Communication Strategy, Event.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-552-15-062
NIM/NIDN Creators: 55210120084
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Event, CORCOM, korporate komunikasi dan komunikasi pemasaran
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: MELATI CAHYA FITRIANI
Date Deposited: 11 Jun 2022 07:11
Last Modified: 23 Jun 2022 07:27
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63165

Actions (login required)

View Item View Item