ANALISIS DATA KONSUMEN SEBAGAI KAJIAN STRATEGI PENJUALAN TELEPON SELULAR DI WILAYAH JABODETABEK

HARIWIDODO, SIGIT (2007) ANALISIS DATA KONSUMEN SEBAGAI KAJIAN STRATEGI PENJUALAN TELEPON SELULAR DI WILAYAH JABODETABEK. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img] Text (Cover)
Cover Karya Akhir - SIGIT ver-2.pdf

Download (890kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK-1.pdf

Download (765kB)
[img] Text (Abstract)
ABSTRACT-1.pdf

Download (763kB)
[img] Text (Lembar Pengesahan)
Pengesahan Sigit.pdf

Download (739kB)
[img] Text (Lembar Pernyataan)
Pernyataan Sigit.pdf

Download (750kB)
[img] Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI-vii.pdf

Download (761kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-viii.pdf

Download (730kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-ix.pdf

Download (730kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-x.pdf

Download (731kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-xi.pdf

Download (731kB)
[img] Text (Daftar Tabel)
DAFTAR TABEL-xii.pdf

Download (785kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL-xiii.pdf

Download (764kB)
[img] Text (Dafatr Singkatan)
DAFTAR SINGKATAN-xv.pdf

Download (781kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN-xvii.pdf

Download (791kB)
[img] Text (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN-xviii.pdf

Download (772kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN-xix.pdf

Download (793kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN-xx.pdf

Download (795kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN-xxi.pdf

Download (796kB)
[img] Text (Isi)
Karya Akhir - Revisi Hasil Sidang.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pelanggan telepon selular di Indonesia diproyeksikan akan bertambah lebih kurang sebesar 50 juta pelanggan pada akhir tahun 2010, dari 66,5 juta pelanggan pada tahun 2006 diperkirakan akan menjadi 100 - 120 juta pelanggan. Prospek pertumbuhan pasar pelanggan telepon selular yang besar pada akhir tahun 2010 ini sudah sewajarnya, dari sekarang, harus diantisipasi dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih nomor telepon selular yang merupakan produk dari para Operator Telekomunikasi Selular, sehingga para Operator dapat membuat strategi penjualan yang tepat untuk memasarkan produknya. Dengan mengambil sampel responden penelitian di wilayah Jabodetabek, dimana terdapat 8 (delapan) Operator Telekomunikasi Selular yang bersaing dalam memperebutkan pasar pelanggan telepon selular, penelitian pada Karya Akhir ini dilakukan juga untuk mengetahui profil responden, segmen pelanggan, dan prediksi loyalitas retensi pelanggan dalam memilih Nomor Telepon Selular. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan adalah Analisis Faktor, Analisis Klaster dan Analisis Diskiminan, dengan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap kuesioner sebagai instrumen penelitian, dimana dari hasil uji menunjukkan bahwa keusioner dinyatakan valid dan reliabel sebagai instrumen penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh profil responden dan trends dalam kepemilikan nomor telepon selularnya, 5 (lima) segmen pelanggan, dan 6 (enam) faktor yang dipertimbangkan oleh Konsumen Pengguna Telepon Selular dalam memilih Nomor Telepon Selular. Ke-enam faktor tersebut yaitu; 1) Faktor Kartu Perdana dan Pulsa, 2) Faktor Fitur Layanan, 3) Faktor Keberhasilan Layanan,4) Faktor Tarif dan Bonus, 5) Faktor Kualitas Layanan, dan 6) Faktor Kualitas Jaringan, dengan Faktor Terpenting adalah Faktor Keberhasilan Layanan dan Promosi. Retensi loyalitas pelanggan dinyatakan dalam formulasi yang dibuat dengan dasar hasil olah data dari analisis diskriminan, dengan tingkat kebenaran yang dipersyaratkan, formulasi yang diperoleh dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui retensi loyalitas pelanggan telepon selular. Strategi penjualan yang effektif dilakukan dengan men-sinergikan konsep penjualan dan konsep pemasaran, yang berorientasi pada konsep pelanggan, bauran pemasaran, bauran produk, bauran promosi, dan konsep 4C di sisi pelanggan, dengan prioritas strategi penjualan diarahkan pada kebijakan tarif yang diberlakukan secara flat rate. Cellular-phone customers in Indonesia projected to increase it’s number up to 50 millions by the end of the year 2010, from 66,5 millions customers in the year of 2006, estimated to reach 100 – 120 million customers in 2010. Huge prospect of market increase on cellular-phone customers by the end of the year of 2010 should be anticipated by learning what factors considered by customers in selecting cellular-phone number which are issued by Cellular Telephone Operators, by which Operators can create a selling method and marketing strategy which are compatible to market the products. By collecting samples of research in Jabodetabek area, where 8 Cellular Telephone Operators are tightly competing to reach the market, research on this final assignment was conducted to find out respondents profile, customer segmentation, and the prediction of customers retention loyalty, in selecting cellular-phone numbers. The research applied the explorative research method by using research instrument like interview and questioner. Data analysis technical using Factor Analysis, Cluster Analysis, and the Discriminat Analysis, which had been preceded by validity and reliability test on questioner as a research instrument, from which the questioner has been proven valid and reliable as a research instrument. Based on the research, there are respondent profile and trends of cellular- phone ownership, 5 (five) customer segmentations, 6 (six) factors which are commonly taken into consideration by the cellular-phone customers, there are; 1) Starter Pack and Pulse factor, 2) Service Features Factor, 3) Service Achievement and Promotion Factor, 4) Tariff and Bonus Factor, 5) Service Quality Factor, and 6) Network Quality Factor, with the Service Achievement and Promotion Factor as the most important factor. Customer loyalty retention is stated in the formula made of data processing from discriminant analysis, with required level of truth, formulation reached can be implemented as a tools to learn the retention of cellular-phone customers loyalty. The effective of sales strategy executed by the synergy of sales concept and marketing concept, with be oriented on customer concept, marketing mix, product mix, promotion mix, and customer 4C concept, with the priority of sale strategy directed to the price policy by the flat rate pricing.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-047
NIM/NIDN Creators: 55105110011
Uncontrolled Keywords: strategi penjualan, mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: ORYZA LUVITA
Date Deposited: 11 Jun 2022 06:59
Last Modified: 18 Jul 2022 07:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/63164

Actions (login required)

View Item View Item