PERENCANAAN ULANG LANDAS PACU DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DI BANDAR UDARA NGLORAM BLORA

PRABASARI, INDAH TUNJUNG (2022) PERENCANAAN ULANG LANDAS PACU DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DI BANDAR UDARA NGLORAM BLORA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)

Abstract

Bandar Udara Ngloram merupakan Bandar udara yang terletak di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Bandar udara ini dikelola oleh Kementerian Perhubungan setelah dihibahkan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM. Pada saat ini pesawat yang beroperasi yaitu jenis pesawat ATR 72-600 dan merupakan pesawat terkritis dengan dengan panjang landas pacu 1500 m dan lebar 30 m.Seiring dengan adanya perencanaan pengembangan Bandar Udara Ngloram prakiraan permintaan kebutuhan pelayanan penumpang dan kargo pesawat yang akan beroperasi yaitu jenis pesawat B737-500 dan akan menjadi pesawat terkritis Dengan dimensi landas pacu dan tebal perkerasan eksisting belum mampu untuk melayani pesawat B737-500. Tujuan Penelitian ini adalah menentukan kebutuhan panjang dan lebar landas pacu,tebal perkerasan dan Pavement Classification Number (PCN) untuk melayani pesawat kritis agar dapat beroperasi dengan standar keamanan dan keselamatan operasi penerbangan. Persyaratan teknis untuk menentukan dimensi landasan pacu menggunakan Aeroplane Reference Field Length (ARFL) pada SKEP/77/VI/2005, metode manual FAA Design and Evaluation, AC No : 150/5320-6D, Airport pavement untuk menghitung tebal perkerasan landasan pacu dan ketentuan pada KP 93 Tahun 2015 untuk menentukan nilai PCN. Berdasarkan hasil analisis data untuk melayani pesawat kritis jenis B737-500, panjang landas pacu yang dibutuhkan yaitu 3065 m dan lebar 45 m. Tebal perkerasan total yang dibutuhkan yaitu 30 inci dengan surface course yaitu sebesar 4 inci, base course yaitu sebesar 9,5 inci dan subbase yaitu sebesar 16,5 inci. Serta nilai Pavement Classification Number yang didapatkan yaitu 27 F/C/X/T.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 22 001
NIM/NIDN Creators: 41120110032
Uncontrolled Keywords: PERENCANAAN ULANG LANDAS PACU DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DI BANDAR UDARA NGLORAM BLORA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 090 Manuscripts, Rare Books, and Other Rare Printed Materials/Manuskrip Naskah-naskah, Buku-buku Langka, dan Bahan Cetakan Langka Lainnya > 098 Prohibited Works, Forgeries, Hoaxes/Buku-buku Terlarang, Pemalsuan, Penipuan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 323 Civil Rights/Hak-hak Warga Sipil, Hak-hak Warga Negara
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 340 Law/Ilmu Hukum > 347 Civil Procedure and Courts/Prosedur Sipil dan Pengadilan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:59
Last Modified: 06 Jun 2022 04:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62691

Actions (login required)

View Item View Item