PRABASARI, INDAH TUNJUNG (2022) PERENCANAAN ULANG LANDAS PACU DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR DI BANDAR UDARA NGLORAM BLORA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) |
||
Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) |
Abstract
Bandar Udara Ngloram merupakan Bandar udara yang terletak di Desa Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora Jawa Tengah. Bandar udara ini dikelola oleh Kementerian Perhubungan setelah dihibahkan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi, Kementerian ESDM. Pada saat ini pesawat yang beroperasi yaitu jenis pesawat ATR 72-600 dan merupakan pesawat terkritis dengan dengan panjang landas pacu 1500 m dan lebar 30 m.Seiring dengan adanya perencanaan pengembangan Bandar Udara Ngloram prakiraan permintaan kebutuhan pelayanan penumpang dan kargo pesawat yang akan beroperasi yaitu jenis pesawat B737-500 dan akan menjadi pesawat terkritis Dengan dimensi landas pacu dan tebal perkerasan eksisting belum mampu untuk melayani pesawat B737-500. Tujuan Penelitian ini adalah menentukan kebutuhan panjang dan lebar landas pacu,tebal perkerasan dan Pavement Classification Number (PCN) untuk melayani pesawat kritis agar dapat beroperasi dengan standar keamanan dan keselamatan operasi penerbangan. Persyaratan teknis untuk menentukan dimensi landasan pacu menggunakan Aeroplane Reference Field Length (ARFL) pada SKEP/77/VI/2005, metode manual FAA Design and Evaluation, AC No : 150/5320-6D, Airport pavement untuk menghitung tebal perkerasan landasan pacu dan ketentuan pada KP 93 Tahun 2015 untuk menentukan nilai PCN. Berdasarkan hasil analisis data untuk melayani pesawat kritis jenis B737-500, panjang landas pacu yang dibutuhkan yaitu 3065 m dan lebar 45 m. Tebal perkerasan total yang dibutuhkan yaitu 30 inci dengan surface course yaitu sebesar 4 inci, base course yaitu sebesar 9,5 inci dan subbase yaitu sebesar 16,5 inci. Serta nilai Pavement Classification Number yang didapatkan yaitu 27 F/C/X/T.
Actions (login required)
View Item |