ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK ASURAN SIKENDARAAN BERMOTOR OTOSTO PRISK (STUDI KASUS PADA PT ASURANSI RAMAYANA Tbk.)

S., R. YOYOK SETIO (2007) ANALISIS PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK ASURAN SIKENDARAAN BERMOTOR OTOSTO PRISK (STUDI KASUS PADA PT ASURANSI RAMAYANA Tbk.). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Judul.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (BAB 1 - BAB 5)
02 BAB 1-BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)

Abstract

Terdapat banyak dimensi yang harus diteliti untuk pengembangan sebuah produk jasa. Demikian halnya untuk pengembangan produk asuransi kendaraan bermotor Oto Stoprisk. Penelitian ini merupakan penelitian yang mengambil pokok bahasan mengenai analisis persepsi dan sikap konsumen atas atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih (membeli) produk asuransi kendaran bermotor. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan adanya dua faktor hasil ekstraksi sebelas atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih (membeli) produk asuransi kendaran bermotor, yaitu Faktor Benefit & Layanan dan Faktor Fundamental Perusahaan. Faktor benefit & layanan adalah faktor instrinsik sebuah produk asuransi kendaraan bermotor termasuk layanannya, dan faktor fundamental perusahaan adalah faktor yang merupakan prasyarat sebuah perusahaan asuransi kerugian yang prudent. Berdasarkan analisis persepsi konsumen yang digambarkan dengan Diagram Kartesius diperoleh hasil bahwa: (1) terdapat atribut-atribut yang harus ditingkatkan kinerjanya, yang terdapat pada kuadran I; (2) terdapat atribut-atribut yang harus dipertahankan kinerjanya, yang terdapat pada kuadran II; (3) terdapat atribut-atribut yang bukan merupakan prioritas utama ditingkatkan kinerjanya, yang terdapat pada kuadran III; dan (4) terdapat atribut-atribut yang berlebihan kinerjanya, yang terdapat pada kuadran IV. Analisis sikap konsumen yang dianalisis dengan model Diagram Ular dan dengan model sikap dari Fishbien memberikan kesimpulan bahwa terdapat atribut-atribut yang memperoleh skor lebih kecil dibanding skor yang diperoleh kompetitornya, sehingga harus ditingkatkan kinerjanya, yang ditandai dengan posisinya yang berada di sebelah kiri posisi kompetitornya. Berdasarkan analisis persepsi dan sikap konsumen atas produk Oto Stoprisk dalam penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat tiga atribut, yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih (membeli) produk asuransi kendaraan bermotor, yang harus ditingkatkan kinerjanya, yaitu atribut network bengkel, cara pembayaran premi, dan proses penanganan klaim, untuk pengembangan produk Oto Stoprisk. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa produk Oto Stoprisk memiliki keunggulan kompetitif dibanding produk kompetitor terdekatnya. Ditandai dengan hanya tiga atribut yang harus ditingkatkan kinerjanya. Kata kunci: persepsi konsumen, sikap konsumen, segmen pasar, pasar sasaran, positioning.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CDT-551-07-161
NIM/NIDN Creators: 5510 411101
Uncontrolled Keywords: mps, manajemen pemasaran
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MYTHA ALVIANA SARI
Date Deposited: 04 Jun 2022 03:32
Last Modified: 26 Jul 2022 03:03
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62595

Actions (login required)

View Item View Item