IDENTIFIKASI PENYEBAB KREDIT MACET DENGAN ANALISIS FAKTOR (Studi Kasus Pada BRI Unit Merak Kantor Cabang Cilegon)

Hidayat, Mardi Utama (2007) IDENTIFIKASI PENYEBAB KREDIT MACET DENGAN ANALISIS FAKTOR (Studi Kasus Pada BRI Unit Merak Kantor Cabang Cilegon). S2 thesis, Universitas Mecu Buana Jakarta - Menteng.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 Cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
02 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (BAB 2)
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text (BAB 3)
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (BAB 4)
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB 5)
06 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
07 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kredit macet dan untuk mengetahui faktor yang paling dominan penyebab kredit macet di PT. BRI (Persero) Unit Merak Kantor Cabang Cilegon. Dengan mengambil 142 sampel yang diambil dari nasabah BRI yang mengalami kemacetan dalam pembayaran kreditnya. Dari jumlah 19 variabel tersebut yang dioperasionalkan dengan metode penelitian sebagai berikut : Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Scoring atas jawaban responden menggunakan skala likert. Analisa data menggunakan analisa deskriptif dan analisa faktor untuk mereduksi variabel yang diteliti dengan menggabungkan ke dalam beberapa faktor yang jumlahnya lebih sedikit dari variabel asal. Dengan teknik tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : Setelah dianalisa faktor diperoleh 15 faktor yang terbentuk dengan nama sebagai berikut : kesalahan pemeriksaaan data keuangan nasabah, Jaminan tidak marketable, Analisa kredit tidak akurat, Putusan kredit premature, pengawasan penggunaan kredit, Skema penggunaan kredit, rekayasa data keuangan dan jaminan, pelanggaran wewenang, Kredit fiktif, kolusi nasabah dan petugas dan penyalah gunaan tujuan kredit, Perubahan ekonomi dan moneter dan markup plafond, perubahan pangsa pasar dan kebijakan Pemerintah di bidang ekonomi. Dari lima belas variabel kemudian diketahui ada 2 faktor yang menyebabkan yaitu : Faktor Intern, dan faktor ekstern. Berdasarkan jawaban responden tersebut maka 9802 : 10792 = 0.83 atau 83 % dari kriteria yang diharapkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa faktor Interen menjadi penyebab kredit macet yang sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 1310402007
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: MYTHA ALVIANA SARI
Date Deposited: 31 May 2022 07:20
Last Modified: 15 Jun 2022 04:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62381

Actions (login required)

View Item View Item