REISANDI, ANASTASIA (2017) PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN BETON PRATEGANG YANG DIKONSTRUKSI DENGAN METODE BALANCED CANTILEVER. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.COVER TUGAS AKHIR.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (101kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.BAB I PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (662kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB IV LAUNCHING _ KONTROL.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB V FINAL _ KONTROL.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) |
||
Text (BAB VI)
08.BAB VI KESIMPULAN _ SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
09.DAFTAR PUSTAKA _ LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
Abstract
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan perencanaan dan desain struktur atas jembatan segmental box girder dengan metode konstruksi balanced cantilever. Tipe konstruksi yang digunakan dalam desain ini adalah single box girder dan menggunakan sistem prategang pascatarik (post-tension prestress). Panjang bentang jembatan yang didesain adalah 60 meter dan dibagi menjadi 2 bentang, yaitu : 30 m + 30 m dengan lebar jembatan adalah 9 meter. Perencanaan jembatan ini dimulai dengan penjelasan mengenai latar belakang pemilihan tipe konstruksi jembatan, perumusan tujuan perencanaan, dan dasar-dasar perencanaan yang mengacu kepada peraturan perencanaan jembatan RSNI T-02-2005. Setelah itu barulah dilakukan preliminary design dengan menentukan dimensi-dimensi utama pada struktur atas jembatan. Pada tahap awal perencanaan, dilakukan perhitungan beban struktur atas jembatan, kemudian menganalisis beban yang terjadi terhadap struktur, yaitu : analisis berat sendiri, beban mati tambahan, beban lalu lintas, dan analisis kehilangan gaya prategang (lost of prestress) serta analisis pengaruh waktu terhadap jembatan. Dari hasil analisis tersebut dilakukan kontrol tegangan yang terjadi pada segmen- segmen box girder, dan perhitungan stabilitas struktur melalui pengecekkan lendutan (deformasi struktur) yang terjadi. Akhir dari perencanaan ini adalah didapat kebutuhan tendon dan gaya prategang yang dibutuhkan untuk konstruksi jembatan balanced cantilever sesuai dengan desain. Kata Kunci : jembatan balanced cantilever, box girder, prategang, deformasi struktur
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/SIP. 17 121 |
NIM/NIDN Creators: | 41113010004 |
Uncontrolled Keywords: | jembatan balanced cantilever, box girder, prategang, deformasi struktur |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 307 Communities/Komunitas 600 Technology/Teknologi > 690 Buildings/Teknik Bangunan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 31 May 2022 04:17 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 08:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/62339 |
Actions (login required)
View Item |