ADIPRANOTO, NUR EKO (2017) ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT ON-STREET PARKING (STUDI KASUS : JL. RADEN PATAH, KEB. BARU - JAKSEL). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Cover.pdf Download (682kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I Pendahuluan.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (743kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III Metodologi Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV Hasil dan Analisis.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V Penutup.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Halaman Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
Abstract
Peningkatan jumlah pembangunan fisik dan pengembangan lahan baru seharusnya disertai dengan penambahan fasilitas parkir yang berada di badan jalan (on-street parking) berpengaruh terhadap tingkat pelayanan jalan yang menurun, kecepatan tempuh rendah, dan waktu tempuh yang lama. Studi ini dilatarbelakangi kemacetan yang diakibatkan kegiatan parkir kendaraan pada badan jalan di kawasan perkantoran di Jalan Raden Patah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan data kualitatif. Penelitian ini menekankan pada masalah kemacetan lalu lintas yang terjadi di jalan Raden Patah-Jakarta Selatan yang berhubungan dengan parkir di badan jalan (on-street parking). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Data lalu lintas diperoleh dari observasi yang dilakukan di lokasi evaluasi dengan data volume lalu lintas dengan mencatat kendaraan sesuai jenis dengan interval 30 menit. Teknik analisis data menggunakan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI 1997) dengan variabel penelitiannya yaitu data volume lalu lintas, kecepatan arus bebas kendaraan, kapasitas jalan, dan derajat kejenuhan (v/c ratio). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa, parkir di badan jalan (on street parking) di segmen jalan Raden Patah mempengaruhi derajat kejenuhan atau v/c ratio pada jalan tersebut menjadi 0,930 dengan on-street parking. Strategi alternatif yang tepat yaitu menghilangkan/ meniadakan on street parking di jalan Raden Patah-Jakarta Selatan sehingga volume lalu lintas yang terjadi dapat ditampung oleh kapasitas jalan yang telah direncanakan dan kelancaran berlalu lintas pun dapat tercapai. Kata Kunci: On-Street parking, analisis data, strategi alternatif
Actions (login required)
View Item |